.

Tabuh Gendang, KBN Sungai Pisang Diresmikan Istri Panglima TNI

Padang, PilarbangsaNews

Dengan menabuh gendang bersama, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE.MM.M.Si (Han), Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Ny. Endang Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi dan Ny. Harneli Mahyeldi sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Sungai Pisang, Kota Padang, Kamis (17/6).

Peresmian yang dihadiri oleh Forkompinda Provinsi Sumbar di antaranya Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/WBR Arief Gajah Mada, juga dari tokoh adat, tokoh masyarakat, akademisi, BUMN, BUMD dan undangan lainya.

KBN ini merupakan program khusus TNI AL dari Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, SE.,MM., yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat maritim, untuk pembentukan Dahwilhanla.

Institusi TNI AL lainnya juga sudah ada yang memulai dengan program unggulan sesuai dengan karakteristik wilayah sumber daya alam serta sumber daya manusianya.

KBN Lantamal II di Kelurahan Sungai Pisang ini mempunyai delapan program unggulan, antara lain Rumah Pintar, penanaman mangrove yang nantinya bisa di jadikan objek wisata, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) berupa tenunan, batik Eco Print, pembuatan tas brocat, keramba apung ikan kerapu yang merupakan terbesar di wilayah Sumbar, pelatihan selam bagi pemuda sekitar Sungai Pisang, Bakti Kesehatan berupa sunatan massal, penanaman pohon berupa cemara laut, petai, jengkol, durian dan jenis pohon lainya yang bermanfaat bagi masyarakat nantinya dan terakhir pembuatan Gapura. Gapura ini menuju daerah Sungai Pisang sebagai pintu gerbang ke Kampung Bahari Nusantara atau KBN.

Dalam sambutannya Danlantamal menyampaikan, KBN ini dengan tema “Membangun Kampung Bahari Nusantara Sinergitas dengan Dewan Kerajinan Nasional Menuju Wirahusaha Baru”. Makanya pada acara ini sengaja diundang Tim dari Dekranas untuk membuka dan meninjau langsung. Harapannya masyarakat Sungai Pisang kedepannya mempunyai bentuk wirahusaha baru.

Danlantamal juga menyampaikan, kegiatan KBN ini merupakan bentuk sinergitas TNI khususnya TNI AL dengan rakyat, yang didukung oleh Pemprov, Pemko, Pemkab, BUMN, BUMD dan pihak lainnya.

Di akhir acara Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dan Ny. Endang Budi Karya Sumadi berkesempatan mengunjungi beberapa stand yang sudah di siapkan panitia, seperti stand rendang, tenun, Rumah Pintar, stand hasil kerajinan daur ulang dan lainnya.

Di stand rendang Ny. Nanny dan Ny. Endang disuguhi rendang dan diberi kesempatan untuk mengaduk rendang yang dimasak oleh panitia.

Selama kegiatan peresmian KBN, tetap dilaksanakan Prokes Covid-19 yang ketat kepada para pendukung kegiatan serta masyarakat sekitar. Demikian disampaikan oleh Dispen Lantamal II. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *