Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pesisir Selatan, Junaidi, selaku PPID Utama mengajak peran aktif Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Pesisir Selatan bersama-sama dengan Pemkab Pessel, mendukung keterbukaan informasi publik. 

Junaidi mengatakan, keberadaan FJKIP Pessel adalah bagian tidak terpisahkan dalam mendukung PPID di Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan program-program yang ada kedepan bisa dikolaborasikan bersama dalam rangka mendukung PPID di Kabupaten Pessel. 

“FJKIP Pessel bisa memberikan warna baru hendaknya dalam ikut menyampaikan KIP di Pessel kepada masyarakat, dan mendukung PPID di Kabupaten Pessel,” tegas Junaidi dalam zoom meeting Rapat Koordinasi PPID Pembatu secara zoom meeting, Rabu dan Kamis, (21-22 Juli 2021).

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini, beberapa kegiatan yang ada di Pemkab Pessel dilakukan refocusing anggaran dalam rangka penanganan Covid-19 di Pessel. Namun begitu, Junaidi kedepan akan mengusulkan  pengalokasian anggaran untuk FJKIP Pessel. 

Keterbukaan informasi sangat menjadi kebutuhan pemerintah demi memberi pelayanan yang paripurna untuk mensejahterahkan masyarakat, dan itu tegas disampaikan Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar. Maka dukungan dan kerjasama dari media juga sangat penting.

“Walaupun saat ini kita sedang melaksanakan PPKM, namun tidak menjadi penghambat dalam meningkatkan kinerja, khususnya dalam hal PPID di Pessel,” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar.

Dikatakannya, keberadaan FJKIP Pessel mendukung keterbukaan informasi publik adalah salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia masuk lima besar kekuatan ekonomi dunia 2045 sebagaimana keinginan Presiden Jokowi, sesuai apa disampaikan.

Sementara itu Ketua Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Pessel Mario Rosy, mengapresiasi Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar yang berkomitmen dan bertekad Kabupaten Pesisir Selatan tetap mempertahankan posisi sebagai Kabupaten Informatif terbaik di Sumatera Barat.

Hendra J Kede Wakil Ketua KI Pusat tampil sebagai nara sumber dalam Rapat Koordinasi PPID yang diikuti oleh seluruh PPID Pembantu di lingkup Pemda Kabupaten Pesisir Selatan. Pemateri lainnya adalah Arif Yumardi Wakil Ketua KI Sumbar serta Junaidi Kepala Dinas Kominfo Pessel selaku PPID Utama.

“Sudah saatnya keterbukaan di sektor pengadaan barang dan jasa bisa disampaikan secara terbuka, sesuai Peraturan Komisi Informasi (Perki) 1 tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP),” ungkap Hendra J Kede. (ori)