Malaysia

Mendagri Malaysia Dato’ Hamzah bin Zainuddin Kunjungi Kampung Neneknya di Air Tiris Kabupaten Kampar

Kampar, pilarbangsaNews, –

Gubernur Riau, Syamsuar, mendampingi Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato’ Seri Hamzah Bin Zainuddin, saat berkunjung ke Air Tiris, Kabupaten Kampar, Selasa (25/01/2022). Tampak juga Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Kunjungan perdana Dato’ Seri Hamzah ini, merupakan kunjungan untuk mengenang asal-usul keluarganya yang berasal dari Kabupaten Kampar. 

Kedatangan Dato’ Seri Hamzah disambut Ketua Kampung Air Tiris dan  tetua adat setempat.

Pada pertemuan ini Dato’ Seri Hamzah mengaku sangat bahagia mendapatkan sambutan hangat, mulai dari ketibaan di Provinsi Riau yang di sambut langsung gubernur Riau, dan di sambut meriah di Komplek Masjid Jami’ Air Tiris. 

“Saya senang sekali pada hari ini, dan tidak menyangka kedatangan saya disambut semeriah ini. Awalnya kedatangan saya ke Air Tiris sengaja diam-diam, sekedar mengunjungi kampung halaman dari nenek saya. Nenek saya berasal dari sini, dan dibawa olehnya merantau ke Malaysia. Senang sekali rasanya bisa bertemu tokoh-tokoh terkemuka di sini”. ungkap Dato’ Seri Hamzah.”

Lebih lanjut Dato’ Seri Hamzah menyampaikan kekagumannya terhadap seni bangunan arsitektur Masjid Jami’ Air Tiris. Ini bukti orang Riau hebat.

“Di sini kita boleh saksikan bahwasanya orang Riau itu Hebat. Terbukti dari dahulu lagi,  dibangunan masjid ini yang kokoh berdiri sejak ratusan tahun lalu sekitar 1901, sampai sekarang masjid Jami’ ini masih berdiri kokoh. Ini menandakan orang-orang dulu hebat di zamannya. Kita pertahankan ini,” ujar  Dato’ Seri Hamzah.

Dato’ Seri Hamzah menghimbau kepada saudara-saudara yang nak bekerja di Malaysia, dipersilakan namun yang terpenting masuk secara undang-undang atau legal, jangan masuk secara illegal.

“Memang di Malaysia beberapa jenis pekerjaan lebih banyak, silahkan saudara-saudara yang nak bekerja di Malaysia, namun mesti terbuka mengikut kaedah undang-undang,” ujar Dato’ Seri Hamzah.

Pada kesempatan itu Dato’ Seri Hamzah turut menyerahkan sejumlah uang tunai untuk bantuan bagi pengurus masjid, dan untuk melaksanakan kenduri mendoa bagi leluluhur terdahulu. 

Usai memberikan sambutan, Dato’ Seri Hamzah bersama gubernur Riau dan bupati Kampar dijamu untuk makan bejambau khas Air Tiris. 

Dalam kunjungan Dato’ Seri Hamzah itu, terlihat juga Kadis Kebudayaan Riau Yoserizal, dan Kadis Pariwisata Riau Roni  Rahmat serta beberapa pejabat Forkompinda Kampar. *(mcr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *