Dharmasraya

Wabup Dharmasraya dimakamkan di pemakaman keluarga

Dharmasraya, Pilarbangsanews,_ Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) Dasril Panin Dt Labuan yang meninggal dunia karena sakit akan dimakamkan di pemakaman keluarga Nagari Sungai Kambuik.

“Insya allah akan dimakamkan di pemakaman keluarga, di kediaman beliau besok Senin (14/2),” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Dharmasraya, Misbah Hulkhair, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia menjelaskan jenazah almarhum sudah sampai di rumah duka sikitar pukul 20.15 WIB. Sejumlah kerabat dan pejabat serta warga sudah menanti kedatangan Dasril.

Ia menjelaskan sebelum menjalani perawatan di RS Achmad Mochtar Bukittinggi almarhum juga sempat menjalani pengobatan di Jakarta selama kurang lebih satu bulan.

Sedangkan agenda terakhir beliau sebelum masuk rumah sakit pada Jum’at (11/2) sempat menghadiri kegiatan penobatan gelar datuk 12 Pulau Punjung, lanjut dia.

“Pancamenjalani perawatan di Jakarta kesehatan almarhum memang menurun, namun terakhir sempat menghadiri kegiatan di Pulau Punjung,” katanya.

Ia menyebutkan sesuai jadwal sementara pelepasan jenazah almarhum akan dilakukan pelepasan di halaman kantor Bupati Dharmasraya pada Senin (14/2) pukul 08.30 WIB.

Selanjutnya pukul 08.30-10.00 WIB jenazah dimandikan di kediaman beliau, dan di sholatkan di Masjid Babusalam Pulau Punjung. Sebelum menuju tempat peristirahatan terakhir jenazah dibawah ke rumah gadang Pulau Punjung mengikuti acara prosesi adat.

Terpisah, Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman mengatakan Wakil Bupati Dharmasraya, Dasril Panin Dt Labuan merupakan tokoh pemekaran Kabupaten Dharmasraya dari sebelumnya Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.

Semasa muda, Daslir aktif di organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia. Beliau juga tercatat sebagai anggota DPR RI empat periode, 1982, 1993, 1997 dan 1999.

Setelah itu, beliau mendampingi Sutan Riska maju di Pilkada Dharmasraya pada 2020 dan memenangi Pilkada dengan perolehan suara 71.590 Suara atau 63,62 persen dari total suara sah 115.029 suara. Mereka mengalahkan pasangan Panji Mursyidan-Yosrisal, yang memperoleh 40.934 suara.

Sutan Riskan-Dasril Panin Dt Labauan dilantik pada 26 Februari 2021 oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi di auditorium gubernuran.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *