Agam

Save Maninjau, Tim Pengabdian FE UNP Adakan Pelatihan Tata Rias dan Sablon Bagi Pemuda

Agam, PilarbangsaNews

Tim pengabdian kepada masyarakat Departemen Pendidikan Ekonomi FE UNP memberikan pelatihan Tata Rias dan Sablon baju kaos bagi kelompok pemuda di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Pelatihan ini dilakukan dalam rangka memberikan keterampilan baru agar masyarakat tidak lagi sepenuhnya tergantung pada usaha karamba di Danau Maninjau.

Danau Maninjau merupakan salah satu penopang perekomian masyarakat di sekitarnya terutama melalui usaha keramba ikan atau dikenal dengan Keramba Jaring Apung (KJA).

Jumlah KJA di Danau Maninjau sudah terlalu banyak dan melebihi ambang batas yang dapat ditoleransi. Saat ini jumlah KJA tiga kali lipat dari jumlah yang seharusnya. Kondisi ini menimbulkan berbagai persoalan dan dampak buruk terhadap lingkungan.

Salah satu usaha pemerintah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencanangkan program “Save Maninjau” yang bertujuan untuk menjaga kelestarian danau dari pencemaran air. Oleh karena itu perlu mendapatkan perhatian bersama untuk membuat kegiatan atau program pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar secara bertahap dapat mengurangi ketergantungannya pada KJA.

Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM membuka secara resmi kegiatan pengabdian ini. Pembukaan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Agam Drs. Dedi Asmar.

“Melalui pelatihan ini diharapkan pemuda pemudi di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam memiliki keterampilan baru dalam hal tata rias penganten dan sablon baju kaos sehingga dapat menjadi lapangan usaha baru dan mengurangi ketergantungannya pada usaha karamba jaring apung di Danau Maninjau”, kata Dr. Armiati, S.Pd, M.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16 -17 Juli 2022 dengan pemateri dari dosen Tata rias UNP, Murni Astuti, S.Pd, M.Pd yang memberikan pelatihan mengenai tata rias penganten dan Yasrul Sami, S.Sn, M.Sn dengan pelatihan sablon baju kaos.

Kegiatan pengabdian ini tidak berakhir sampai pelatihan ini saja, namun pada pertengahan Agustus ini akan dilanjutkan dengan pelatihan promosi dan pemasaran online bagi usaha yang dibuka pemuda pemudi ini dan selanjutnya akan dilakukan pendampingan untuk keberlanjutan usaha tersebut.

Drs. Dedi Asmar, selaku Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Agam menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim pengabdian masyarakat UNP yang telah memberikan pelatihan kepada para pemuda di Kecamatan Tanjung Raya.

“Saya berharap pemuda pemudi bisa bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dan dapat membuka usaha baru melalui keterampilan yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkap Dedi Asmar. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *