Dharmasraya, PilarbangsaNews– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melepas Kontigen Pramuka Dharmasraya yang mengikuti Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka (Jamnas XI) Tahun 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Acara pelepasan ini dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati, Rabu, (10/08/22).

Dalam arahannya Bupati mengatakan bahwa Jambore adalah pertemuan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka. Dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitik-beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian.

“Seluruh peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 ini nantinya akan diberikan penguatan nilai-nilai kebangsaan, patriotism, kemandirian, sprilitualitas, toleransi, persatuan, keberagamaan dan demokratis. Sehingga menciptakan generasi yang selalu ceria dalam berbagai situasi. Dan memiliki dedikasi pada bangsanya, serta meraih prestasi yang membanggakan bagi keluarga, masyarakat dan bangsa. Untuk itu, kepada para peserta Jamnas XI Dharmasraya, agar dapat bersungguh-sungguh untuk mengikuti seluruh kegiatan yang disediakan oleh panitia,” harap Bupati.

Kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Jamnas XI Tahun 2022 pada tanggal 14-21 Agustus, berisikan kegiatan-kegiatan menarik, menantang, menyenangkan, dan aman yang ditujukan pada upaya-upaya membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

Jamnas XI Tahun 2022 merupakan perkemahan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk festival dan tidak dilombakan sebagai sarana pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan kepramukaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini guna mewujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi.

Sedangkan menurut Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Budparpora, Sutadi mengatakan bahwa peserta dari Kabupaten Dharmasraya sebanyak 16 peserta dan 5 pendamping. “Kita berharap semua peserta dan pendamping dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik. Dan selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti seluruh kegiatan, serta dapat membanggakan Kabupaten Dharmasraya di sana,” pungkas Kabid Pemuda dan Olahraga.(Rjl)

By Redaksi