Tanah Datar

Richi Aprian : Membangun Fisik Sementara, Membangun SDM Abadi

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Khatam Al Quran bukan untuk berhenti membaca, tapi awal dari kajian kita yang lebih mendalam terhadap kandungan Al Quran. Demikian disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian,SH, MH saat menghadiri perayaan khatam Al-Qur’an 58 santriwan dan santriwati Surau Akmalul Hidayah Jorong Melur Nagari Lubuk Jantan kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (6/8/2022).

“Kalau kita lakukan pembangunan fisik, tidak akan pernah tahan selamanya, satu dibangun yang satu lainnya rusak begitu selanjutnya. Tapi kalau kita membangun Sumber Daya Manusia (SDM), itu akan selamanya tertanam dalam jiwa mereka, jika kita membekali anak-anak kita dengan Al-Qur’an maka akan selalu dikenang dalam hatinya,” kata Richi Aprian.

Richi mengatakan bahwa untuk mendidik anak tentang agama, dimulai dari orang tua. Karena sifat anak cenderung meniru, tidak hanya disuruh. “Sifat anak kebanyakan apa yang mereka lihat dan ini yang cenderung mereka lakukan, jadi orang tua harus memberi contoh terlebih dahulu di rumah. Jika orang tua rajin membaca al quran dan beribadah, anak-anaknya pasti akan mengikuti dan sebaliknya,” tambah Bupati Richi.

Wakil Bupati Richi juga menyampaikan bahwa kegiatan Khatam al quran ini juga sejalan dengan program unggulan pemerintah Kabupaten Tanah yaitu Program “Satu Rumah Satu Hafizh” yang tujuan akhirnya adalah mewujudkan generasi kabupaten Tanah Datar yang cinta al quran dengan harapan dalam 10 sampai 20 tahun ke depan, Tanah Datar akan dipimpin oleh para hafiz dan hafizah.

“Ingatlah janji Allah SWT, jika orang-orang dalam suatu kaum umatnya taat, niscaya Allah akan menurunkan keberkahan yang tidak akan disangka-sangka datangnya dari arah mana,” kata Richi lagi.

Saat itu, Wakil Bupati Rich juga berpesan kepada 58 santri yang khatam agar terus menjaga al qur’an hingga akhir hayat. Dan guru juga dituntut untuk selalu mengupgrade cara dan metode pengajarannya seiring dengan perkembangan dunia yang semakin maju dan berkembang.

Sementara itu Wali Nagari Lubuk Jantan Mukhlis sebelumnya mengatakan selalu mendukung Program Satu Rumah Satu Hafizh nagari Lubuk Jantan tahun 2023, pihaknya telah menganggarkan untuk mendirikan pondok al quran untuk menampung para santri yang khatam unthm melanjutkan pendidikan agamanya di sana.

“Pondok al quran ini akan kami manfaatkan untuk anak-anak yang sudah khatam agar ilmu dan seni membaca al quran mereka bisa lebih baik lagi,” kata Mukhlis.

Mukhlis juga berharap dukungan dari para orang tua murid, dengan mengajak anak-anaknya lebih giat lagi dalam beribadah, tentunya dengan memberikan contoh dari rumah masing-masing.

Hadir juga pada acara tersebut anggota DPRD Tanah Datar Jonnedi, yang mewakili Camat Lintau Buo Utara, Wali Nagari Lubuk Jantan Mukhlis, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, Bundo Kanduang, cadiak pandai, alim ulama, tokoh masyarakat dan orang tua murid. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *