Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Luar biasa antusiasme ribuan masyarakat Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Kapur IX patut diacungi jempol dalam menyambut perayaan peringatan hari ulang tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tua muda, besar kecil, tumpah ruah pada Selasa (09/08/2022) di lapangan hijau Nagari Durian Tinggi menghadiri pembukaan rangkaian iven perayaan peringatan hari ulang tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Iven Alek Nagari Durian Tinggi yang berlangsung di bulan Kemerdekaan ini telah dimulai semenjak 13 Juli 2022 dan berakhir pada tanggal 18 Agustus 2022. “Antusias ribuan masyarakat Kapur IX diluar perkiraan kami. Kami patut memberikan apresiasi terhadap para Wali Nagari di Kecamatan Kapur IX atas kekompakan mereka, sehingga masyarakat juga saling berangkulan mensukseskan kegiatan peringatan hari bersejarah Republik Indonesia,” sanjung Bupati Safaruddin.

Pembukaan HUT RI ke 77 tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Limapuluh Kota Dapil Kapur IX dan Pangkalan Darlius, Kepala Badan Kesbangpol Joni Amir, Kepala Dinas Perhubungan Darma Wijaya, Kepala Dinas Damkar Alfian, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Radimas serta Forkopimca dan Walinagari se-Kapur IX.

Setiap tahun, masyarakat Indonesia di berbagai daerah ikut serta menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan perasaan riuh gembira. Bendera merah-putih di depan rumah warga berkibar dengan gagah, dan aneka perlombaan berlangsung seru. Tak terkecuali di Kecamatan Kapur IX, sempat tidak diselenggarakan dua tahun belakangan, peringatan HUT RI di Kapur IX tahun ini kembali dilaksanakan. Berbagai ajang lomba dan kegiatan positif telah disusun oleh panitia.

Pada bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin mengatakan, meriahnya peringatan HUT RI pada tahun ini di Kapur IX merupakan bentuk penghargaan masyarakat atas perjuangan pahlawan yang telah mempersembahkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Seterusnya Bupati Safaruddin menyampaikan bahwa tema kemerdekaan tahun ini yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat harus direfleksikan dengan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

“Saya rasa tema ini, telah digambarkan oleh masyarakat Kapur IX yang terlihat begitu kompak dalam berbagai aspek kehidupan,” ulas Bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin mengajak masyarakat di Limapuluh Kota untuk mengisi kemerdekaan tahun ini dengan kegiatan positif, konstruktif dan partisipatif demi pembangunan Limapuluh Kota yang lebih baik kedepan.

Sementara itu, Walinagari Durian Tinggi, Eko Susmadi merasa bersyukur atas kehadiran Bupati Safaruddin dalam pembukaan perayaan HUT RI ke 77 kali ini. Terlebih, ini merupakan kehadiran pertama kalinya Bupati Limapuluh Kota dalam peringatan perayaan kemerdekaan di Kapur IX selama ini.

“Kami harap agenda positif ini dapat berlangsung setiap tahunnya dan kedepan akan terus dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota,” harap Eko.

Seterusnya, Eko menjelaskan, pada tahun ini Durian Tinggi berkesempatan menjadi tuan rumah peringatan HUT RI dan setiap tahun Nagari di Kapur IX akan bergantian menjadi tuan rumah. Dikatakan juga, 32 ajang lomba diadakan pada peringatan kali ini diantaranya lomba keagamaan, olahraga, kesenian, dan kebudayaan. “Lomba tersebut diikuti oleh 70 instansi seantero Kapur IX,” jelas Eko Susmadi.

Pada kegiatan pembukaan perayaan HUT RI di Kecamatan Kapur IX kali ini, turut dilaksanakan pembagian bendera merah putih oleh Badan Kesbangpol Lima Puluh Kota kepada masyarakat sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dalam gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah putih. Pada momen tersebut, juga dilaksanakan pemberian beasiswa secara simbolis kepada pelajar di Kecamatan Kapur IX. Beasiswa yang berasal dari Zakat ASN di Pemkab Limapuluh Kota yang dihimpun Baznas tersebut senilai Rp114.000.000. (wba)

By Redaksi