Padang, PilarbangsaNews

Sebanyak 12 orang siswa MAN 2 Kota Padang ikut berlaga pada ajang kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Padang tahun 2022. Mereka akan bersaing dengan peserta dari berbagai madrasah untuk memperebutkan tiket utusan Kota Padang.

Kegiatan yang dipusatkan di laboratorium bahasa MAN 2 Kota Padang itu, diikuti 207 peserta yang berasal dari MA/MTs dan MI se- Kota Padang. KSM berlangsung selama 3 hari, mulai 13 hingga 15 Agustus 2022 mendatang.

Kepala MAN 2 Padang Akhri Meinhardi mengatakan, khusus untuk KSM jenjang MA diikuti oleh seluruh Madrasah Aliyah yang ada di Kota Padang yang terdiri dari 3 MA negeri dan 7 MA swasta.

“Jenjang MA peserta 75 orang siswa, Mts 78 peserta dan untuk tingkat MI sebanyak 38 peserta,” kata Akhri Meinhardi saat dihubungi Mandupanews disela-sela pelaksanaan KSM, Sabtu (13/08/2022).

Dia mengatakan, 75 siswa yang mengikuti KSM tingkat Kota Padang tersebut akan tersaring menjadi 3 orang pemenang. Siswa itu nantinya akan menjadi utusan Kota Padang untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Kita yakin, dengan usaha dan ikhtiar yang telah lakukan, insya Allah utusan MAN 2 Padang akan menjadi wakil Kota Padang untuk tingkat Sumbar,” ujar Akhri Meinhardi.

Bukan itu saja, kata Akhri Meinhardi, MAN 2 Kota Padang akan berusaha semaksimal mungkin agar anak didiknya dapat melaju ke tingkat nasional.

“Walaupun untuk mencapai tingkat nasional itu sulit, tapi dengan bermodalkan usaha, program, sarana dan kerja keras pembina dalam melatih, niat baik itu akan diijabah Allah SWT,” ulasnya.

Yuliasman, wakil kepala bidang akademik mengaku telah mempersiapkan program jauh hari dengan melakukan latihan setiap hari. Dikatakannya, siswa telah latih oleh pembina tanpa henti, mulai 15 Juli hingga 12 Agustus 2022.

Bahkan katanya, agar siswa tersebut fokus dalam menghadapi KSM, mereka dibebaskan dari mengikuti proses belajar selama mengikuti latihan.

“Disamping dilatih oleh 12 pembina untuk 6 mata pelajaran, madrasah juga menyiapkan 2 orang pembina integrasi, yang secara khusus melatih bahasa Arab dan ilmu pendidikan agama Islam,” ujar Yuliasman.

Dia optimis, melalui perencanaan, program dan dilatih oleh pembina yang berkompeten serta didukung penuh oleh pimpinan, guru/pegawai, ia yakin siswa MAN 2 Padang akan melenggang sampai ke tingkat nasional. (Arul)

By Redaksi