Payakumbuh, PilarbangsaNews

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST. MT, minta warga Kota Payakumbuh asal Piaman yang tergabung dalam PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman), agar tetap mempertahankan soliditas perdunsanakan di rantau dengan tidak melupakan ikatan adat dan budaya Piaman.

Harapan itu disampaikan Walikota H. Riza Falepi, ST.MT, dihadapan ratusan Keluarga Besar urang Piaman Kota Payakumbuh dalam Silaturrahmi Akbar dan Pengukuhan Pengurus DPD PKDP Kota Payakumbuh periode 2022-2027 di Aula Gedung Olahraga M. Yamin, Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Sabtu 13 Agustus 2022.

Menurut Riza Falepi, warga Kota Payakumbuh yang berasal dari Piaman dan menjadi perantau di kota Payakumbuh itu berkisar 12 ribu jiwa, dengan berbagai segmentasi kehidupan. Mereka ada yang menjadi pegawai rendahan sampai pejabat, pedagang lapak kaki lima sampai pedagang dan jadi orang kaya di Kota Gelamai ini juga ada berasal dari Piaman.

Selama dua periode menjadi Walikota di Payakumbuh Riza Falepi merasa menjadi satu dengan orang Piaman. “Orang Piaman itu pintar beradaptasi, loyalitas dan militansinya sangat tinggi. Saya sejak Pak Jayusman yang jadi ketua PKDP 15 tahun lalu sudah dekat dengan orang Piaman, sekarang Om Zet yang jadi Ketua PKDP,” kata Wako Riza Falepi seraya menyebut nama Elza Daswarman yang juga Asisten 2 Pemko Payakumbuh, sebagai Ketua DPD PKDP Kota Payakumbuh yang baru saja dikukuhkan.

Walikota juga menyatakan salut dengan warga Payakumbuh asal Piaman yang memiliki sifat kegotong royongan yang tinggi dan selalu kompak di dengan budaya badoncek. Dengan kegotongroyongan itu, PKDP telah memiliki masjid dan gedung pertemuan di beberapa tempat.

DPD PKDP Kota Payakumbuh periode 2022-2027 itu didahului pembacaan Surat Keputusan DPW PKDP Sumbar, kemudian dikukuhkan oleh Pjs Ketua DPW PKDP Sumatera Barat, Syaharman Zanhar, S.Sos dan penandatanganan naskah pengukuhan.

Turut menyampaikan sambutan Wakil Walikota Pariaman Drs. Mardison Mahyuddin, MM., Bupati Padang Pariaman diwakili Staf Ahli Alfian, SE., Ketua DPW PKDP Sumbar Syaharman Zanhar, S.Sos., Ketua DPD PKDP Kota Payakumbuh Drs. Elza Daswarman, MM. dan Ketua Panitia Pelaksana Rudian.

Tampak hadir dalam acara Rang Piaman Baralek Gadang ini Ketua Umum Kadin Provinsi Sumatera Barat H. Ramal Saleh, SE., Gusfen Khairul Waketum Kadin. Keduanya adalah Ketua dan Sekretaris Wanhat DPW PKDP Sumatera Barat. Juga hadir Ketua Kadin Kota Pariaman Uniang Darmawan Darwis, Ketua Kadin Kota Payakumbuh Asmel Arianto Datuak Tunaro Mudo, dan Pengurus LKAAM Kota Payakumbuh.

Acara silaturahmi akbar dan pengukuhan PKDP Kota Payakumbuh ini juga dimeriahkan dengan Hoyak Tabuik di jalan utama Kota Payakumbuh. Aksi Hoyak Tabuik dengan tambur rasa atau gandang gandang ini mendapat apresiasi dari masyarakat Kota Payakumbuh sepanjang jalan. (wba)

By Redaksi