Padang, PilarbangsaNews

Sebanyak 4 diantara 5 siswa terbaik MAN 2 Padang menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Balai Kota Padang, Air Pacah, Rabu (17/8/2022).

4 orang siswa itu tergabung dalam beberapa pasukan yang bertugas sebagai pasukan pengibar bendera. Salah satu diantaranya bertindak sebagai komandan pasukan Paskibra Kota Padang.

Keempat siswa tersebut adalah, Mubarok Iswahyudi kelas XI IPA 9 sebagai pasukan 45, Nur izza Yarismen kelas XI IPA 1 pasukan 17, Mutiara Olivia kelas XI IPA 6 pasukan 45, sedangkan Muhammad Fahtir Dirja kelas XI IPA 5 sebagai komandan pasukan Paskibra.

“Empat siswa itu dipanggil berdasarkan surat dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang untuk menjadi pelaksana upacara peringatan hari kemerdekan RI ke-77 bertempat di Kantor Balaikota Padang” kata Eko Azriwanwi, yang diamini Husnil Azani pembina Paskibra MAN 2 Padang.

Eko Azriwanwi menyebut, keempat siswa tersebut telah mengikuti pemusatan latihan selama dua pekan. Mereka bergabung dengan siswa beberapa sekolah di Kota Padang. “Ada 14 hari siswa kita dilatih bersama 50 anggota paskibra Kota Padang lainnya,” sambung Eko Azriwanwi.

Diwaktu bersamaan, kata Eko Azriwanwi, 1 siswa lainnya yaitu Muthiah Alifah Zhafira kelas XI IPA 4 juga menjadi Paskibra di lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat (17/08). Ia bertindak sebagai pasukan 17 pada Paskibra Provinsi Sumbar.

Kepala Madrasah Akhri Meinhardi mengungkapkan rasa bangga dan bahagia dengan adanya 5 siswa MAN 2 Padang terpilih sebagai Paskibra Kota Padang maupun Paskibra Provinsi Sumatera Barat.

“Terpilihnya 5 orang siswa kita ini, merupakan turunan, karena pernah tahun 2002 anak kita Rahmat Hidayat diutus menjadi tim paskibraka tingkat nasional,” ujar Akhri Meinhardi.

Ia menyebut, prestasi ini lahir berkat kerja keras dan disiplin yang kuat yang diterapkan madrasah dalam melatih siswa pada ekskul paskibra. Hal ini hendaknya menjadi pemicu bagi paskibra untuk berlatih lebih giat lagi.

“Eskul Paskibra latihan bukan hanya untuk persiapan 17 Agustus saja tapi bersifat reguler dan terus menerus,” tambah Akhri Meinhardi.

Dia berharap, melalui latihan dan disiplin yang tinggi, akan muncul paskibra-paskibra lainnya dari siswa MAN 2 Padang, baik tingkat Kota, Provinsi maupun tingkat nasional. (Arul)

By Redaksi