Dharmasraya, PilarbangsaNews– Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya berlangsung secara khidmat. Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu, (17/08/22).

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bertindak sebagai Inspektur upacara yang turut disaksikan ratusan masyarakat tersebut. Sementara yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Kasat Intelkam Polres Dharmasraya, AKP. Harisman Fujianto, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kasubbag Binkar BAGSDM Polres Dharmasraya, Iptu Dwi Angga Prasetyo.

Derap langkah Paskibraka menuju lapangan upacara menjadi momen yang paling ditunggu. Inspektur upacara pun menyerahkan duplikat Sang Saka Merah Putih kepada Paskibraka untuk dikibarkan. Pantauan di lapangan, proses pengibaran duplikat Sang Saka Merah Putih berlangsung sempurna, seiring dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Anggota Paskibraka yang membawa baki adalah siswi SMAN 1 Koto Baru, Nabila Surya Ramadhani, pengibar bendera adalah siswa SMAN 1 Sitiung, Yoga Saputra, penggerek bendera siswa Ponpes Pembangunan Pulau Punjung, Rais Ashari. Danpok Pasukan B, Siswa SMKN 1 Koto Baru, Reza Herdianto. Pengucap teks Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945, Purna Praja IPDN, Muhammad Muchlas Ghufran. Pembaca doa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Okto Verisman. Aubade, grup paduan suara SMAN 1 Pulau Punjung dan Korsik adalah marching band Bahana Suara siswa SMPN 3 Pulau Punjung.

Selain itu, Bupati Dharmasraya menyerahkan tanda Satyalancana Karya Satya yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan tujuan untuk member penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil yang dalam waktu yang lama sekali setia terhadap negara, cakap dan rajin. Dalam melakukan tugasnya, sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lain. Tahun ini Kabupaten Dharmasraya memperoleh sebanyak 203 orang, dengan rincian pengabdian 30 tahun sebanyak 11 orang, pengabdian 20 tahun sebanyak 4 orang dan pengabdian 10 tahun sebanyak 188 tahun.

Selain jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, upacara ini juga tampak dihadiri oleh jajaran Forkopimda, jajaran DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Dharmasraya.(Rjl)

By Redaksi