.

Antusias, Ribuan Penonton Saksikan Pawai Alegoris HUT RI ke-77 di Batusangkar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Antusias warga masyarakat sekitar kota Batusangkar menyaksikan pawai alegories untuk memeriahkan HUT RI ke-77 dengan antusias yang luar biasa, dan jalan-jalan di sekitar kota sudah dipadati lautan manusia sejak pagi.

Hari ini, kerumunan masyarakat benar-benar luar biasa. Kota Batusangkar telah menjadi lautan manusia dan pakaian ribuan penonton seolah membuat kota Batusangkar berwarna-warni.

Bahkan, setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, tahun ini, Minggu (21/8), pawai alegories dalam rangka memperingati HUT RI di kabupaten Tanah Datar kembali digelar.

Dalam pawai tersebut, disaksikan dan dilepas langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Wakil Bupati Richi Aprian SH,MH, Ketua TP PKK Ny.Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt.Bungsu, Forkopimda Tanah Datar dan lainnya ini,peserta menampilkan berbagai adat dan budaya serta kesenian tradisional asli dari kabupaten Tanah Datar.

Namun, pada pawai alegories tingkat kabupaten Tanah Datar tahun ini, ada yang cukup berbeda untuk menarik perhatian penonton. Itu adalah partisipasi paguyuban jawa dari Padang Siminyak Pagaruyung yang menampilkan kesenian tradisional kuda lumping.

Riswandi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar selaku ketua panitia pawai tingkat kabupaten mengatakan ada 114 tim yang mengikuti pawai alegories, diantaranya sekolah TK/PAUD, SD, SMP, SMA, Umum, BUMD dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Alhamdulillah berkat dukungan dari semua pihak, termasuk juga dari pihak kepolisian semuanya berjalan lancar dari awal sampai akhir,” ujar Riswandi.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra dikesempatan itu menyampaikan ucapan bangga sekaligus terima kasih kepada seluruh peserta pawai yang telah mempertontonkan berbagai kesenian tradisional dan budaya asli dari kabupaten Tanah Datar hari ini.

“Semoga apa yang telah dipertontonkan oleh peserta pawai kepada kita hari ini, menjadi ladang amal ibadah bagi mereka dan diberikan imbalan yang setimpal oleh Allah SWT,” ujar Eka Putra.

Sepanjang pawai berlangsung terlihat Bupati bersama Wakil Bupati dan yang lainnya tak henti – henti berdiri dan melambaikan tangannya kepada para peserta yang melintasi panggung kehormatan yang berada di depan pasar Batusangkar.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *