Ekonomi

Masrizal Mamak: Demi Kondusivitas Dunia Usaha, Mari Sukseskan Musprov VII Kadin Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Ketua OC Muprov ke-VII Kadin Sumbar Masrizal Mamak membantah pemberitaan yang menyebutkan Buchari Bahter sebagai calon tunggal ketua umum Kadin Sumbar di Musprov VII, 22-23 September 2022, yang rencananya di Kota Bukittinggi atau Kota Padang.

Hal tersebut dikatakan Masrizal Mamak pada saat konfrensi pers hari Jum’at (16/9/2022) di sekretariat Musprov VII Kadin Sumbar, Jalan M. Thamrin No. 81 Padang.

“Sebagai Ketua OC Musprov saya berkewajiban meluruskan berita itu agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat khususnya kalangan dunia usaha, tidak ada calon tunggal karena yang mendaftar menjadi Caketum ada dua orang, yaitu Ramal Saleh dan Buchari Bachter,” ungkap Mamak.

Dijelaskan Mamak, fakta sebenarnya, berkas administrasi pendaftaran yang ada di sekretariat panitia sekarang ini adalah milik Ramal Saleh, berikut bukti transfer uang kontribusi ke rekening Kadin sebesar Rp300 juta. Berkas pendaftaran atas nama Buchari Bachter, begitu juga bukti transfer uang kontribusi sebesar Rp300 juta masih belum sampai ke panitia.

“Pada rapat kepanitiaan hasil perubahan pada tanggal 15 September ditetapkan bahwa pendaftaran calon ketua umum dilakukan pada SC, OC dan Panitia Penyelenggara dan setoran uang kontribusi disetorkan ke rekening baru yang dibuat bertiga, SC, OC dan panitia penyelenggara. Tapi, sampai waktu terakhir pendaftaran, rekening itu belum dibuat. Tapi, karena hasil rapat 7 September ditetapkan setoran ke rekening Kadin, maka Pak Ramal setornya Rp300 juta ke rekening Kadin. Ini semacam bentuk komitmennya pada Kadin Sumbar. Bukti transfernya ada dan bisa di cek,” terang Masrizal Mamak di hadapan belasan wartawan yang hadir.

Sekaitan dengan pencalonan Buchari Bachter, Mamak mengaku belum melihat bukti pendaftarannya. Bahkan setoran kontribusinya, infomasi yang didapat disetorkan ke rekening pribadi bendahara OC, Hendra Gunawan.

“Ini yang kita pertanyakan. Masak uang kontribusi Musprov oleh Buchari Bachter disetor ke rekening pribadi. Pak Ramal setor ke rekening Kadin, itu keputusan rapat sebelumnya karena SC, OC dan panitia belum membuka rekening baru. Harusnya, Buchari Bahter mencari tahu, dan setor ke rekening Kadin Sumbar bukan ke rekening pribadi yang jika bermasalah akan sulit pertanggungjawabannya,” kata Mamak.

Ketua SC Sam Salam menjelaskan melalui saluran telepon yang didengar semua wartawan yang hadir, bahwa SC secara administrasi tidak pernah menerima pendaftaran dari Buchari Bachter. Begitu juga soal uang pendaftaran Buchari Bachter sebagai Calon Ketua Umum Kadin Sumbar sebesar Rp300 juta, Sam Salam mengaku belum mengetahui kemana disetorkan.

“Sesuai kesepakatan dibuka rekening bersama Ketua SC, Ketua OC dan Ketua Penyelenggara. Tapi saya dapat informasi, Buchari Bahter mengirim uang pendaftarannya ke rekening pribadi atas nama Hendra Gunawan,” ujar Sam Salam.

Sam Salam mengakui bahwa sejauh ini dia juga belum melihat bukti pendaftaran dari Ramal Saleh karena baru menjadi Ketua SC pada 14 September 2022 dan rapat pertama SC tanggal 15 September yang juga bertepatan dengan hari terakhir pendaftaran Calon Ketua Kadin Sumbar.

“Meski begitu, kita di SC akan melakukan verifikasi persyaratan calon bersama OC dan panitia penyelenggara untuk dibawa ke arena Musprov. Karena, penetapan calon hanya berlangsung saat Musprov,” jelas Sam Salam.

“Kita minta semua pihak, mari bersama-sama kita sukseskan Muprov VII Kadin Sumbar ini demi kondusivitas pelaku dan dunia usaha di Sumbar khususnya,” pungkas Masrizal. (yah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *