Pendidikan

Gelar FGD, Prodi Teknik Industri Agro Politeknik ATI Padang Perkuat Persepsi dan Redaksional Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

Padang, PilarbangsaNews

Dosen Politeknik ATI Padang lewat Prodi Teknik Industri Agro sukses menyelenggarakan Kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) “Focus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Prodi Teknik Industri Agro”.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Ketua Prodi Zulhamidi, MT ini dilaksanakan secara offline pada Selasa-Rabu (13-14/9/2022) di Hotel Ibis, Padang.

“Saat ini Tim Dosen Politeknik ATI Padang mempunyai kewajiban penyesuaian terhadap Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai Acuan Pembelajaran, dengan format yang sudah ditentukan,” kata Zulhamidi.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Pembantu Direktur II Irna Ekawati, MT yang mewakili Pimpinan Politeknik ATI Padang. “Dalam rangka supporting terhadap implementasi pengembangan vokasi industri bertaraf global menuju Corporate University, kegiatan pelatihan, kursus keterampilan berbasis kompetensi, future job, skilling, reskilling, upskilling adalah salah satunya,” ujar Irna Ekawati.

Agenda FGD hari pertama menghadirkan Dedy Rahmad, M.Sc (Ketua Sistem Penjamin Mutu dan Dosen Politeknik ATI Padang) sebagai nara sumber. Dalam paparannya Dedy menyampaikan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) disusun berdasarkan kurikulum prodi masing-masing, dalam konteks ini tentu Kurikulum Prodi Teknik Industri Agro. “Rencana Pembelajaran Semester akan merefleksikan capaian pembelajaran lulusan Prodi yang sudah ditetapkan,” jelas Dedy.

Hal penting dalam menyusun sebuah RPS adalah Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan, Penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub CPMK) dan kedalaman materi yang disampaikan dosen. “Rencana Pembelajaran Semester harus seragam mulai dari format dan redaksional penyusunannya,” ujar Dedy.

Dalam rangka evaluasi dan keseragaman redaksional Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), agenda FGD selanjutnya menampilkan Ir. Jonrinaldi, Ph.D, IPU, ASEAN (ENG) akademisi dari Universitas Andalas selaku nara sumber.

Dalam paparannya Jonrilnadi mengatakan bahwa RPS yang ideal itu bisa dinilai ketercapaian CPMK dan juga adanya rubik penilaian baik mata kuliah teori dan juga praktek. “Poin penting dalam penyusunan RPS terdapat di matriks Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dan peta penilaian. Idealnya RPS akan membantu dosen menggiring mahasiswa untuk mencapai Output Pembelajaran Mata Kuliah secara komprehensif,” ujar Jonrinaldi .

Setelah materi dari kedua nara sumber selesai, kegiatan FGD Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) hari kedua selanjutnya diisi dengan Presentasi Tim Dosen RPS Semester Ganjil dan Semester Genap Prodi Teknik Industri Agro.

Di akhir sesi FGD, Zulhamidi selaku Ketua Program Studi menyampaikan bahwa terkait Teknis Penyusunan RPS tentunya nanti akan selalu diperbaharui dengan format yang ditetapkan Politeknik ATI Padang. (Relis/Fikri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *