Tanah Datar

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Rumah Tahfidz, Wabup Richi Kunjungi Ponpes Tahfidz Al Hidayah Sleman

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Rumah tahfidz Tanah Datar tumbuh setiap tahun. Melihat fenomena tersebut, maka perlu adanya upaya dari pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari masimg-masing rumah tahfidz.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah melakukan studi banding terhadap ke suatu tempat yang diyakini telah mengadopsi metode khusus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Rumah Tahfiz atau pondok pesantrennya.

Seperti Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH didampingi oleh Kabag Kesra Setda Tanah Datar Drs. Dadan Hendarsyah beserta jajaran mengunjungi Pondok Pesantren Tahfidz(Ponpes) Al Hidayah di Sleman, Yogyakarta, Rabu (21/9).

“Kita telah melihat atau mempelajari bagaimana Pondok Pesantren Tahfidz Al Hidayah mendidik seluruh santrinya dalam menghafal Al-Quran,”kata Wabup Richi.

Wabup Richi juga berharap dari kunjungan ini akan ada cara atau metode baru yang nantinya bisa diterapkan di rumah tahfidz di Tanah Datar.

“Insha Allah kunjungan kami tidak hanya untuk studi banding tetapi juga silaturahmi dan semoga pengalaman ini bermanfaat bagi kami,” ujar Wabup Richi.

Sementara itu, Pengurus Ponpes Tahfidz Al Hidayah Teguh Ghozali mengatakan, sejak ponpes berdiri pada tahun 2013, banyak dari santriwan dan santriwati telah berhasil menghafal Al-Quran selama 2 hingga 3 tahun.

Teguh Ghozali mengatakan PonpesTahfidz Al Hidayah selalu mengadopsi pendekatan pembelajaran yang bertahap. Baik dilakukan secara mandiri, secara berkelompok hingga ditempatkan langsung ke masjid-masjid sekitar ponpes sebagai imam, dan sebagainya.

Ditambahkannya, santriwan dan santriwati Ponpes Tahfidz Al Hidayah berasal dari berbagai daerah di Indonesia, selama berada di ponpes tersebut para santriwan dan santriwati tidak dipungut biaya sama sekali

“Santri kita berasal dari berbagai daerah di Indonesia, kita selalu ingatkan kepada para santri agar berkomitmen sewaktu keluar dari Ponpes Tahfidz Al Hidayah sudah berhasil menghafal Al-Quran,” pungkas Teguh Ghozali. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *