.

Festival Pesona Barulak Dibuka, Ditandai dengan Menghidupkan Api Tungku Pangek Lapuak

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Festival Pesona Barulak dibuka oleh Bupati Eka Putra Ditandai dengan menghidupkan Api Tungku Pangek Lapuak

Memasuki pagelaran ke-9 Program Unggulan(Progul) Pemerintah Tanah Datar,Satu Nagari Satu Event digelar di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru yang dinamai dengan Festival Pesona Barulak.

Bupati Tanah Datar Eka Putra pada Sabtu (24/9/2922) pada pembukaan Festival Pesona Barulak di Pasar Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, kembali menegaskan bahwa program unggulan Satu Nagari Satu Event yang bertujuan untuk merevitalisasi berbagai kekayaan budaya Nagari untuk dibangkitkan kembali.

“Seperti di Festival Pesona Barulak, ada prosesi pengembalian sejarah dengan peletakan batu balai barundiang suku. Katanya ini adalah sejarah yang lama hilang dan dipulihkan kembali. Ini adalah salah satu tujuan dari Progul, jadi Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi anak cucu dan generasi muda di Nagari,” ujarnya.

Tak hanya itu, Eka menambahkan, Progul Satu Nagari Satu Event tentunya memberikan multiplier effect bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Tujuan lain dari Progul adalah untuk menggairahkan dan merevitalisasi pariwisata di nagari, baik itu wisata adat, budaya ataupun wisata alam, meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produk UMKM di nagari, dan mendorong sanggar seni dan budaya untuk aktif,” kata Eka.

Eka mengatakan bahwa dalam melaksanakan progul ini untuk memupuk rasa kebersamaan hingga mampu menumbuhkan rasa solidaritas antar seluruh elemen masyarakat yang ada di nagari untuk ikut menyukseskan event yang diangkat dan dipamerkan.

“Karena atas kerjasama semua pihak di Nagari Barulak, mulai dari Pemerintah Nagari, BPRN, KAN, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda, Bundo Kanduang, Perantau dan seluruh lapisan masyarakat serta OPD yang terkait dengan tim kurator, saya ucapkan Terima kasih dan apresiasi menyukseskan kegiatan festival ini sebagai bentuk dukungan terhadap Progul Satu Nagari Satu Event,” ujarnya.

Eka kembali menyampaikan bahwa Nagari Barulak memiliki beberapa keunggulan serta potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Nagari Barulak merupakan pintu masuk bagi orang luar ke Tanah Datar yang kaya akan kuliner pangek ikan lapuak, produk UKM Sangkar Burung, pengobatan patah tulang dan memiliki agro wisata Boncah Raya. Jika dikelola dengan baik, ini menjadi daya tarik yang sangat menjanjikan,” kata Eka.

Sebelumnya Ketua Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dan menjadikan Nagari Barulak sebagai salah satu dari 14 Nagari yang melaksanakan acara Progul Satu Nagari Satu Event tahun 2022.

“Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas kepercayaannya. Ini menjadi sejarah bagi Nagari Barulak karena baru pertama kali menyelenggarakan event sebesar ini,” ujarnya .

F. Dt.Mangiang Sati juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak di Nagari atas dukungannya, mulai dari pemerintah Nagari beserta unsurnya, tokoh masyarakat, perantau dan masyarakat nagari Barulak.

“Terima kasih semua atas dukungan dan kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Adapun dalam Festival Pesona Barulak, F. Dt. Mangiang Sati menjelaskan akan diwarnai dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya seperti Pawai Adat Sepanjang Hayat, Pawai Pangek Lapuak, tari sangak buruang, festival randai dari luak agam, luak lima puluh koto dan luak nan tuo, diikuti oleh Barulak Bakureta Santai, Sumbar Talenta, pentas seni nagari Barulak, Saluang Oyak dan Kim.

“Alhamdulillah festival ini tentunya bisa menjadi tolak ukur bagi kami dan yang pasti ke depan kami siap mendukung dan melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari Barulak. Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah, Pemerintah Nagari dan kita semua,” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Barulak M. Dt. Bandaro Bodi, pelaksanaan Festival Pesona Barulak telah mampu menampilkan berbagai potensi pariwisata, adat dan budaya di Nagari Barulak.

“Pelaksanaan Progul Pemerintah Daerah telah mampu membangkitkan semangat, baik itu Pemerintah Nagari, Ninik Mamak, Perantau dan masyarakat untuk menghidupkan kembali apa yang telah lama hilang, salah satunya adalah Batu Barundiang Suku di Jorong Koto Tuo,” katanya.

Ke depan, tambah M. Dt. Bandaro Bodi, Pemerintah Nagari siap mendukung pelaksanaan event yang sama di tahun depan. “Tentunya, kita juga berkeinginan dengan momentum ini kita berharap tanggal dan bulan yang sama di tahun depan Nagari Barulak melaksanakan event seperti ini lagi,” sampainya.

Pembukaan Festival yang ditandai dengan membakar tungku pangek lapuak oleh Bupati Eka Putra kemudian dilanjutkan peletakan Batu Parundiangan Suku dan Peninjauan Stand UMKM turut dihadiri Bupati periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadiqoe, Anggota DPRD Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, LKAAM Kabupaten, Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *