Tanah Datar

TP PKK Prov Sumbar Laksanakan Bimtek, Ny. Lise Eka Putra Minta Kader Ikuti Dengan Serius

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terus berkembang seiring kemajuan teknologi dan juga sejalan dengan kebijakan pemerintah. Dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (27/09/2022) yang di laksanakan di Gazebo Gedung Indo Jolito, Batusangkar.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. dr. Fitria Amalia Audy, Sp.KK, M.Kes yang hadir pada bimtek tersebut mengatakan, perlu disosialisasikan kembali program-program unggulan masing-masing Pokja.

“Program-program yang ada di sekretariat, Pokja I hingga Pokja IV TP PKK, harus dikoordinasikan dengan program Pemerintah Daerah dan juga harus memanfaatkan keterlibatan dan kolaborasi lintas sektor dalam proses pelaksanaannya,” katanya.

Dikatakan Ny. Fitria, agar lebih mendalam dan mudah dipahami, bagi Pengurus TP PKK Kabupaten,Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Nagari serta kader Bimtek dibagi jadi lima kelompok yaitu Sekretariat, Pokja I s.d IV.

“Upaya ini juga untuk mengevaluasi capaian kegiatan PKK dan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan secara bertahap oleh TP PKK Tanah Datar,” tambah Ny. Fitria.

Ny. Fitria mengatakan evaluasi juga disesuaikan dengan indikator penilaian untuk setiap kategori program latihan PKK, antara lain Kelembagaan, Tata Tertib, PAAREDI, UP2K, Aku Hatinya PKK, PHBS Plus, serta mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan mencari solusi.

Ny. Fitria berharap setelah bimbingan teknis, pengurus TP PKK akan melakukan pembinaan secara bertahap hingga ke jorong-jorong dan kelompok-kelompok dasawisma.

Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana mengatakan, Bimtek ini bertujuan untuk mengoptimalkan kapasitas pengurus di semua tingkatan TP PKK sehingga gerakan PKK di Tanah Datar dapat maju dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Iqbal berharap pengurus bersama kader TP PKK harus mampu meningkatkan peran sertanya di masyarakat sebagai motifator, komunikator dan dinamisator pembangunan, PKK juga memiliki peran strategis yang penting dalam mensukseskan program pemerintah dengan tiga pilar, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra, SE dalam paparannya menyampaikan bahwa TP PKK Tanah Datar terus berbenah dan selalu aktif terlibat dalam berbagai kegiatan dan terlibat aktif dalam program pemerintah dalam mendukung di bidang pemberdayaan.

Dikatakan Ny.Lise dengan adanya bimtek ini akan dapat menambah informasi, langkah-langkah,program dan kebijakan yang akan diambil TP PKK Provinsi Sumatera Barat untuk mencapai tujuan gerakan PKK itu sendiri.

“Bimtek ini juga menjadi penyemangat dan motivasi kerja TP PKK Kabupaten Tanah Datar di semua tingkatan agar lebih banyak lagi kontribusi yang bisa diberikan untuk mensejahterakan masyarakat kedepannya, sehingga semua yang terlibat ditanggapi dengan serius,” ujarnya.

Ny. Lise mengatakan Sudah ada nagari percontohan kelompok Dasawisma di Tanah Datar yaitu Nagari Koto Tangah di kecamatan Tanjung Emas yang akan dipersiapkan untuk penilaian lomba pada tahun 2023 mendatang.

Untuk nara sumber dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat pada bimtek tersebut adalah Siti Zakiah, SP Sekretaris TP PKK Prov. Sumbar, Dra. Daslinar (Pokja I), Evalina Wati (Pokja II), Dra. Irdahayati (Pokja III) dan Halida, SE (Pokja IV). (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *