Pariwisata

Perolehan Devisa Dari Sektor Pariwisata Turun Rp. 137 Trilyun Akibat Visa Kunjungan Berbayar

Jakarta, PilarbangsaNews.com,— Sekjen ASITA (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies), Dr. H.M. Rahmad, MITM., P.hD. menyambut baik pernyataan PLT Dirjen Imigrasi (1/11/2022), bahwa per 30 Oktober 2022, pendapatan negara melalui PNBP Imigrasi sudah mencapai Rp 3,5 triliun, namun perolehan devisa negara diperkirakan turun 137 trilyun rupiah.

Menurut H.M Rahmad, Tahun 2019, peroleh PNBP Imigrasi dari visa ini mencapai 2,5 trilyun rupiah, dan total penerimaan devisa negara dari wisman asing mencapai 197 trilyun rupiah.

Dalam siaran pers nya Sekjen ASITA ini lebih lanjut menyebut, perolehan BNBP Imigrasi yang meningkat tajam tahun 2022 ini, karena seluruh wisman yang masuk Indonesia harus membayar visa dengan jumlah tertentu, kecuali wisman ASEAN. Beda dengan tahun 2019. Ketika itu, hanya negara tertentu saja yang harus membayar visa kunjungan.

Jika dilihat secara sektoral, kebijakan Imigrasi yang memberlakukan visa kunjungan berbayar ini, memang menguntungkan negara sebesar 3,5 trilyun rupiah, namun jika dilihat secara keseluruhan, maka kebijakan visa berbayar ini menghilangkan perolehan devisa negara sebesar 137 trilyun rupiah.

Dari mana hilangnya perolehan devisa negara? Yakni dari berkurangnya jumlah wisman yang masuk ke Indonesia.

Setelah visa kunjungan berbayar diberlakukan hampir kesemua negara, jumlah wisman yang masuk Indonesia sampai September 2022, baru mencapai 2,2 juta orang. Padahal sebelum kebijakan visa berbayar seperti sekarang diberlakukan, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia mencapai 13,4 juta orang pada periode yang sama tahun 2019.

Oleh sebab itu, menurut hemat kami, negara perlu memikirkan langkah strategis kedepan. Apakah meningkatkan jumlah PNBP sektoral yang lebih penting, atau meningkatkan perolehan devisa negara yang jauh lebih penting?

Karena itu menurut hemat kami, negara perlu merumuskan kebijakan umum pengelolaan pariwisata nasional agar perolehan devisa Negara terus meningkat, dan perolehan PNBP juga tetap berjalan. (HD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *