Dharmasraya

MTQ Nasional Ke XI Resmi Dibuka, DPRD Kabupaten Dharmasraya Siap Semarakkan Perhelatan

Dharmasraya, PilarbangsaNews- Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ditandai dengan menabuh gendang secara bersamaan yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto,S.H bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan serta Forkopimda Kabupaten Dharmasraya. MTQ Nasional ini akan berlangsung dari tanggal 17-19 November 2022 di Lapangan Sepak Bola SP 5, Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya. Perhelatan keagamaan ini diikuti oleh 1000 orang kafilah yang terdiri dari peserta lomba, pelatih dan official dengan kategori 10 cabang perlombaan.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutan mengatakan bahwa MTQ Nasional ke XI merupakan moment untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Pasalnya, momentum MTQ dapat dijadikan tonggak dalam membina qori dan qori’ah, hafis dan hafizah untuk lebih berkualitas dan mampu bersaing ditingkat MTQ Nasional lainnya. Perlombaan MTQ ini menjadi wujud dari keinginan pemerintahan daerah untuk memaksimalkan pengembangan pembinaan di bidang agama khususnya di Kabupaten Dharmasraya. Pembinaan ini akan dilaksanakan di Masjid Agung Dharmasraya sebagai pusat kegiatan pengkajian dan pengamalan ajaran islam.

“Pemerintahan daerah akan berkomitmen untuk memberikan insentif kepada guru TPQ/TPSQ, Imam Masjid dan Pondok Pesantren yang menjadi garda terdepan dalam membina dan menanamkan ilmu agama kepada anak-anak. Bagi peserta MTQ yang menang akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan,” tutur Bupati Dharmasraya.

Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto,S.H juga memberikan apresiasi atas terlaksananya perhelatan keagamaan yang menjadi moment penting untuk mengetahui kemampuan dari kafilah muda yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Melalui kegiatan ini peserta yang berhasil meraih juara akan diikut sertakan dalam MTQ tingkat provinsi di tahun 2023 mendatang.

“Semoga perlombaan MTQ ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan semangat generasi muda untuk mempelajari ilmu agama,” ungkap Pariyanto,S.H, (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *