Payakumbuh, PilarbangsaNews

Disaksikan hampir 500 pasang mata, Open Turnamen Bola Voli BAJA CUP ke XVIII yang digelar Karang Taruna SOPAN SANTUN, resmi ditutup oleh Ketua Komisi B DPRD Payakumbuh YB DT Parmato Alam, Sabtu (26/11/2022) malam di Stadion Mini BAJA, Kelurahan Balai Jaring, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Dt.Parmato Alam sangat mengapresiasi gelaran tahunan yang diprakasai karang taruna ini. “Kenagarian Aie Tabik umumnya, dan Kelurahan Balai Jaring ini khususnya sudah terkenal dari dulu gudangnya atlit bola voli di Payakumbuh,” sebut mantan ketua DPRD Payakumbuh tersebut.

Dt Parmato Alam yang juga Ketua LKAAM Kota Payakumbuh juga memberikan apresiasi kepada ninik mamak atas pembinaan terhadap anak kemenakannya.

“Kita lihat sebagai buktinya, pada saat ini juga hadir pucuak bulek urek tunggang kenagarian Aie Tabik Dt. Pdk Rajo Lelo dan Ketua KAN Aie Tabik Dt Pangulu Rajo,” ucap putra kenagarian Aua Kuniang tersebut.

Sebelumnya, Ketua Karang Karang Taruna SOPAN SANTUN Tantyo Cipta Adi mewakili ketua panitia melaporkan even tahunan ini yang telah berlangsung semenjak empat pekan lalu.

Dimana, kata Tantyo, 9 klub voli Sumbar dan Riau berpartisipasi di Divisi Utama, dan sembilan pula klub lokal Sumbar, khususnya Payakumbuh, Limapuluh Kota dan Agam begitu pula di Divisi I.

Terselenggaranya iven ini, panitia sangat terbantu sekali atas bantuan Disparbudpora Payakumbuh sebanyak Rp42 juta yang merupakan dana Pokir (Pokok pikiran Bapak Dt. Parmato Alam. “Pokir Bapak YB.Dt Parmato Alam sangat membantu kami. Untuk itu atas nama panitia secara keseluruhan kami aturkan terima kasih banyak ” ujar Tantyo.

Tampak juga hadir saat penutupan ini, Kadis Parbudpora Nofriwandi, Camat Payakumbuh Timur, Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh, Lurah Balai Jaring, Babinkamtibmas dan dr. Efrizal Naldi, SPOG.

Baja Juara Divisi Utama

Klub voli tuan rumah, BAJA berhasil menjuarai Open Turnaman ini setelah mengalahkan dua tim finalis lainnya dengan skor meyakinkan.

Pada partai pertama, BAJA berhadapan dengan tim Dishub Kota Pekanbaru, Riau. BAJA menyelesaikan game ini dengan skor 3-1(25-21, 22-25, 25-17, 25-19).

Untuk partai kedua, Dishub ditantang Surgana Padang yang berkesudahan 3-1(20-25, 25-20, 25-23, 25-18) untuk Dishub Pekanbaru.

Dan, pada partai pemungkas, BAJA berhadapan dengan Surgana. Kembali BAJA memenangkan game terakhir ini dengan skor 3-1(22-25, 25-21, 25-10, 25-16).

BAJA sebagai juara pertama berhak mengondol uang tunai sebesar Rp10 juta dan tropy. Untuk runner up nya tim Dishub mendapatkan tropy dan uang tunai sebesar Rp7 juta. Terakhir, tim Surgana mendapatkan tropy dan uang tunai Rp5 juta.

Sementara di Divisi I dijuarai klub Andaleh, Limapuluh Kota, dengan runner up nya BAJA 1, dan juara III klub Adi Putra, Aua Kuniang Payakumbuh.

Hadiah untuk Divisi I ini masing-masing Rp3 juta untuk juara pertama, Rp2 juta runner up, dan Rp1 juta buat juara III yang masing-masingnya juga disertai tropy. (wba)

By Redaksi