Padang, PilarbangsaNews

36 siswa program keterampilan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) MAN 2 Padang mengikuti kunjungan studi kampus ke- Politeknik Negeri Padang, Jum’at (02/12/2022). Mereka akan mengenal teknik otomotif kendaraan ringan di kampus tersebut.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada peserta didik dunia kampus sesungguhnya, apa kegiatan dan bagaimana proses perkuliahan serta praktek lapangan,” kata Alfizar Kurniawan, pembina TKR MAN 2 Padang.

Apalagi, ungkap Alfizar Kurniawan, Politeknik Negeri Padang ini merupakan jurusan yang sangat cocok sekali dengan teknik otomotif kendaraan ringan yang dipelajari di madrasah.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias sekali, mudah-mudahan studi kampus ini menambah wawasan mereka untuk kedepan supaya lebih giat lagi belajar,” ujarnya.

Sementara itu, kepala MAN 2 Padang melalui wakil kepala bidang kesiswaan, Yusmal Yani sangat berterimakasih kepada pihak Politeknik Negeri Padang yang telah menerima siswanya untuk melakukan studi kampus bagi keterampilan TKR.

“Mudahan-mudahan program seperti ini berlanjut, bahkan kalau perlu dibuat secara formal, berbentuk MOU,” pinta Yusmal Yani saat sesi temu ramah dengan pihak direktur Politeknik Negeri Padang.

Sebelumnya, Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri memaparkan berbagai jurusan yang ada di PNP sembari memotivasi siswa agar tetap semangat belajar dan bisa kuliah di Politeknik Negeri Padang.

“Saat ini Politeknik Negeri Padang sudah menyelenggarakan 7 Jurusan, salah satunya adalah jurusan teknik mesin. Jadi jangan ragu untuk kuliah di PNP,” kata Surfa Yondri.

Dia mengatakan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan di Politeknik adalah dengan menggabungkan pendidikan teoritis, praktek (terapan) di laboratorium dan praktek industri.

“Kuliah di Politeknik Negeri Padang lebih banyak menerapkan praktek dibanding teori, dengan perbandingan 60 persen praktek dan 40 persen teori,” sambungnya.

Selanjutnya, 36 siswa TKR didampingi pihak PNP diajak untuk melihat secara langsung praktek teknik kendaraan ringan. Bukan itu saja, siswa juga dikenalkan dengan teknik kendaraan berat, las, mesin bubut hingga robotik. (Arul)

By Redaksi