Sawahlunto

Hadiri HJK ke-134, Wagub Audy Joinaldi Apresiasi Capaian Prestasi Sawahlunto

Sawahlunto, PilarbangsaNews

Hadir di prosesi Makan Bajamba puncak Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto ke-134, Kamis 1 Desember 2022, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi mengapresiasi capaian-capaian positif yang diraih oleh Kota Sawahlunto. Momentum perayaan HJK ke-134, Sawahlunto diharapkan mampu lebih baik lagi dalam membangun ekonomi masyarakatnya.

Wagub Audy juga menyebutkan, Sawahlunto sebagai kota warisan Dunia UNESCO, membuat pergerakkannya menjadi semakin luas dikenal. Selain itu banyaknya iven-iven yang senantiasa digelar tentu angka kunjungan wisata ke kota ini semakin meningkat.

“Semakin dikenal tentu membutuhkan sarana dan prasarana penunjang dalam menyambut wisatawan, salah satunya hotel yang representatif. Kita akan coba tarik investor untuk berinvestasi dibidang perhotelan,” sebutnya.

Terkait tradisi Makan Bajamba, Wagub Audy berharap, senantiasa dilestarikan, dimana nilai-nilai luhur dan budaya yang terkandung didalamnya mampu menjadi pemersatu ditengah keberagaman etnis yang ada di Sawahlunto.

“Kita bisa lihat keterlibatan seluruh lapisan masyarakat yang multietnis, menjadi pesta rakyat untuk senantiasa bersama sama membangun kota ini,” sebutnya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengungkapkan, setiap memperingati hari jadi selalu melibatkan seluruh unsur masyarakat. Hal itu sebutnya, untuk membangun rasa kebersamaan, rasa memiliki, tanggungjawab dan rasa partisipasi dalam mewujudkan maayarakat Sawahlunto yang lebih baik.

“Etnis Minang, Batak, Jawa, Sunda, Papua, Flores, Tionghoa dan lainnya, bersama paguyuban masing masing ikut terlibat dalam Makan Bajamba,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Jaswandi mengungkapkan, diawali dengan sidang Paripurna Istimewa DPRD puncak HJK Sawahlunto ditutup dengan makan bajamba. Prosesi ini menjadi pesta rakyat, dimana berbagai etnis, suku, budaya dan agam melalui paguyuban masing masing termasuk perantau berbaur menjadi satu memeriahkan hari lahirnya Sawahlunto.

“Ungkapan rasa syukur dihari jadi ke-134 dengan makan bajamba merupakan wahana strategis bagi segenap komponen masyarakat, khususnya para pemangku kepentingan untuk merefleksikan kembali perjalanan agenda pembangunan daerah dengan berbagai dinamika yang dihadapi,” ujarnya. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *