Ekonomi

Kadin Sumbar Apresiasi Pelatihan Tenaga Kerja untuk Penguatan Peran Skill Development Center Kota Padang

Padang, PilarbangsaNews

Kepala Balai Latihan Vokasi dan Produktifitas (BLVP) Padang Eka Cahyana Adi, dibawah koordinasi Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia memaparkan materi terkait Peran Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) pada hari Rabu (7/12/2022) dengan agenda Seminar Implementasi Skill Development Center (SDC) Kota Padang 2023. Hadir dalam acara ini beberapa asosiasi/himpunan pengusaha yang punya keterkaitan dengan ketenagakerjaan

Dalam kesempatan itu, Komite Tetap Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Kerja Kadin Sumbar Fikri Asril mengapresiasi Seminar SDC yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang bersama BLVP Kota Padang. “Kolaborasi dan sinergitas antara Kadin Sumbar dengan stakeholder ketenagakerjaan sangatlah penting, sesuai amanah Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022,” kata Fikri Asril.

BLVP siap mencetak tenaga siap kerja dengan bermacam kompetensi bertujuan untuk memperbaiki mutu tenaga kerja serta mengurangi pengangguran di daerah ini, khususnya di Kota Padang.

Komite Tetap Kadin Sumbar ini juga menambahkan peran aktif BLVP Kota Padang perlu ditingkatkan terutama sarana dana prasarana pelatihan yang kekinian sesuai dengan tuntutan zaman. Sehingga bagi mereka yang telah mendapat pelatihan akan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang tersedia. Komite Vokasi Kadin Sumbar siap berkolaborasi dengan siapa saja dalam hal pengembangan ekonomi Sumatera Barat.

Disamping itu, Komite Tetap Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Kerja Kadin Sumbar Fikri Arsil dalam paparannya mengatakan bahwa tamatan pendidikan vokasi ketenagakerjaan yang paling penting adalah mengacu kepada supply and demand, kebutuhan perusahaan dan kompetensi ketenagaan kerja yang dibutuhkan. Peran BLVP diharapkan lebih fokus dan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan industri yang ada, sehingga pelatihan tersebut memang akan menjadi hal yang tepat guna.

Selanjutnya Fikri Arsil menyampaikan bahwa setelah berakhirnya seminar SDC ini perlu ditindaklanjuti dengan Joint Working Group antara Kadin dengan pihak-pihak terkait untuk ketenagakerjaan, penyusunan Pokja SDC dan akselerasi program kerja SDC, sehingga kolaborasi ini benar-benar akan bermanfaat bagi semua pihak. (Fikri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *