.

Wakil Bupati Richi Aprian: Kebersamaan Faktor Utama Dalam Menyukseskan Alek Pacu Jawi

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pacu Jawi adalah Alek Anak Nagari Kabupaten Tanah yang diadakan setiap tahun setelah panen padi. Namun kini, Pacu Jawi bukan lagi sekedar tradisi, melainkan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Alek Pacu Jawi di Tanah Datar diselenggarakan di empat kecamatan yaitu kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab dengan kebersamaan alek anak nagari ini akan sukses.Hal itu disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian pada saat pembukaan Alek Pacu Jawi di Sawah Subarang Jorong Koto Hiliang,kecamatan Sungai Thala, Sabtu (7/1/2023).

“Pacu Jawi adalah event anak nagari kita dan sekarang sudah mendunia, terbukti dengan banyaknya fotografer dalam dan luar negri yang datang untuk mengabadikan momen-momen lucu adu sapi di sawah yang berlumpur, maka mari kita dukung bersama-sama,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup juga menyatakan pacu jawi selain alek nagari juga merupakan ajang silaturahmi, salah satu bukti dengan banyaknya kehadirah tokoh-tokoh, anggota DPRD Provinsi Sumbar, anggota DPRD Tanah Datar, Camat, Forkopimca, Wali Nagari dan ribuan masyarakat.

Wabup juga menambahkan bahwa acara ini sangat bermanfaat dan selain meningkatkan harga sapi, pacu jawi juga menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar karena banyak orang yang menjual berbagai makanan, minuman dan lain-lain.

Selain itu, Richi Aprian juga ucapkan selamat datang kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang memesan melalui biro perjalanan untuk menyaksikan alek pacu jawi di kabupaten Tanah Datar

Sebelumnya, Ketua Porwi Tanah Datar Dt. Indomo didampingi ketua pelaksana Afrizal mengatakan alek Pacu Jawi di Jorong Koto Hiling sudah 8 tahun tidak diadakan karena adanya pembatasan jalur air dan akses jalan sedangkan ini merupakan arena terbaik yang memiliki nilai sejarah karena pada tahun 1808 sudah di gelar pacu jawi disini mulai dari Jawi Kalupak Balang Puntuang kepunyaan Marpatiah dari Pariangan Padang Panjang, dan berkembang ke 3 kecamatan untuk mengikat tali persatuan.

Sementara itu, Anggota DPRD Tanah Datar Benny Apero mengucapkan terima kasih kepada panitia dan masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan pacu jawi ini. Ia berharap ke depannya kegiatan ini dapat terus berlanjut sebagai tradisi yang telah turun temurun dari dulunya. untuk akses jalan dan irigasi akan dianggarkan bersama anggota DPRD Provinsi dan Pemkab Tanah Datar.

Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD sumbar Arkadius Dt Intan Bano, angota DPRD Tanah Datar Beny Apero, Yalpima Jurin dan Nurhamdi Zahari, camat Sungai Tarab Arianto, Forkopimca, Wali Nagari, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *