50 Kota

Pasar Tradisional Pakan Rabaa Mulai Digerus Kerusakan, Spontan Irfendi Arbi Serahkan Bantuan

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Ada pemandangan rada istinewa bagi pengunjung pasar tradisional Pakan Rabaa, Gadut, Kecamatan Lareh Sago Halaban pada hari balai, Rabu (11/1/2023) siang. Ditengah keramaian pengunjung pasar terlihat sosok Irfendi Arbi, mantan Bupati Limapuluh Kota. Putra Nagari Simalanggang itu menyapa dan menyalami mak- mak dan bapak-bapak ditengah hiruk pikuknya suasana pasar saat itu.

Ada apa giat Irfendi Arbi disiang itu? Kiranya tak lain menyerahkan bantuan semen untuk perbaikan lantai di pasar tradisional terbesar di Kecamatan Lareh Sago Halaban tersebut.

“Sebelumnya saya menerima kabar bahwa pasar ini sudah mulai digerus kerusakan,” jawabnya ketika ditanya media.

Belum maksimalnya pembenahan pasar yang terletak di pinggir jalan Payakumbuh-Lintau itu selama ini, terutama pembenahan dari anggaran daerah sehingga pengurus pasar berinisiatif untuk melakukan pembenahan secara swadaya.

Irfendi Arbi berdialog dengan pedagang di Pasar Pakan Rabaa

Ketua Pengurus Pasar Pakan Rabaa, Yongki Firdaus Datuak Sindo mengatakan, pembenahan yang dilakukan seperti memperbaiki atap kios yang bocor serta pengecoran lantai pasar yang selama ini becek dan digenangi air.

“Begitu kondisi pasar kami. Sudah lama tidak ada pembenahan, terutama dari pemerintah daerah. Pedagang serta warga yang berkunjung ke pasar banyak yang mengeluh. Karena itu, kami sepakat memperbaiki pasar secara swadaya,” ujarnya.

Dilanjutkan Irfendi Arbi, ketika dirinya jadi bupati dulu, pasar Pakan Rabaa sempat direnovasi, sebutnya dihadapan Walinagari Batu Payuang Al Aswandi serta pengurus pasar Pakan Rabaa Gadut.

Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luak 50 itu berharap dengan bantuan yang diberikan setidaknya bisa memperbaiki kondisi pasar Pakan Rabaa Gadut ke arah yang lebih baik.

“Bantuan yang tidak seberapa ini mudah-mudahan bermanfaat banyak untuk pembenahan pasar Pakan Rabaa ini,” pungkas bakal calon anggota DPD RI tersebut. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *