Agama

Ketum LKAAM Sumbar Berduka Atas Terbakarnya Surau dan TPA Suku Koto di Sungai Asam

Padang, PilarbangsaNews

Ketua LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati menyatakan duka cita mendalam atas terbakarnya Surau Parang Kandang dan TPA Nurul Iman milik Suku Koto di Dusun Palak Tingga, Korong Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman (Sumbar) Senin malam 16 Januari lalu.

“Kami keluarga besar LKAAM Sumbar turut berduka dan prihatin atas musibah kebakaran Surau dan TPA Suku Koto. Insya Allah akan diganti yang lebih baik oleh Allah SWT, Amin,” kata Fauzi Bahar di Kantor LKAAM, Komplek Mesjid Raya Sumbar, Rabu (18/1/2023) siang.

Sebagai sarana ibadah dan pendidikan Al Qur’an untuk anak kemenakan, tentu perlu segera dipasamokan pembangunan atau perbaikan kembali Surau Parang Kandang ini. “Jika bersama-sama umat Muslim terutama anak kemenakan dari Suku Koto, tentu semua beban berat akan terasa ringan,” kata Fauzi Bahar Dt Nan Sati, didampingi Ketua Harian LKAAM Sumbar Dr. Amril Amir Dt. Lelo Basa.

Surau Parang Kandang yang selama ini dimanfaatkan masyarakat sekitar, terletak di atas tanah pusaka Suku Koto dengan penghulu kaum Zainir Dt. Rangkayo Mulie, yang sehari-hari adalah Ketua LKAAM Kabupaten Padang Pariaman.

Kejadian kebakaran ini diduga dari hubungan pendek arus listrik di kamar garin. Api meledakkan tanki bahan bakar mesin chainsaw yang ada dalam kamar garin, sehingga membuat api menjalar dengan cepat.

Semua konstruksi yang terbuat dari kayu hangus terbakar, terutama bagian atap, loteng, ventilasi dan semua jendela serta pintu surau. Tinggal dinding-dinding tembok saja yang masih tampak tersisa.

Pimpinan Suku Koto Zainir Datuak Rangkayo Mulie mengucapkan terima kasih atas bantuan pemadaman kebakaran yang datang memadamkan api. “Terima kasih atas ucapan duka cita dari berbagai pihak yang disampaikan, semoga Surau Parang Kandang ini dapat cepat diperbaiki dan dimanfaatkan kembali untuk beribadah,” kata Zainir Datuak Rangkayo Mulie. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *