Tanah Datar

Bupati Eka Putra Lantik Pengurus IMATAR dan Padang Panjang UNP

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Ikatan Mahasiswa Tanah Datar (IMATAR) harus mampu menjadi pelopor dan agen perubahan, menjadi pelindung atau teladan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat Pelantikan Pengurus IMATAR dan Panjang Padang Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2022-2023, Minggu (22/1/2023) di aula kantor Bupati Tanah Datar di Pagaruyung.

“Anggota IMATAR harus sadar bahwa mereka berasal dari latar belakang Luhak Nan Tuo Tanah Datar yang mendukung kehidupan beragama dan berbudaya, sehingga pemikiran, perkataan dan tindakan mereka harus mencerminkan kepribadian generasi Minangkabau,” ujar Eka.

Bupati Eka kembali menyampaikan bahwa IMATAR dan Padang Panjang UNP yang telah dilantik saat ini harus dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Tanah Datar dan Padang Panjang untuk tetap bersilaturahmi dan bersinergi menghasilkan ide dan kegiatan yang bermanfaat bagi IMATAR ataupun kampung halaman.

“Pengurus yang dilantik hari ini harus bisa bergotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan demi eksistensi Immatar, serta melakukan yang terbaik untuk daerah. Insya Allah pemerintah daerah akan mendukung ide dan gagasan baik Imatar, untuk membangun kampung halaman, “sampainya.

Bupati Eka Putra kembali mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu sektor utama Pemerintah Daerah dan perlu terus ditingkatkan karena pendidikan yang baik akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik pula.

“Pemda dan BAZNAS Tanah Datar memiliki program Beasiswa bagi Mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi dan beasiswa Prestasi bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Tentunya IMATAR juga dapat memanfaatkan program ini agar siswa dan mahasiswa Tanah Datar dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi,” harapnya.

Selain mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus IMATAR, Bupati Eka berpesan agar mahasiswa untuk tidak larut dalam berorganisasi agar tidak melalaikan tugas utamanya yaitu kelanjutan pendidikannya.

“Selamat atas amanah yang diberikan, lakukan yang terbaik untuk IMATAR, tapi selain itu mahasiswa IMATAR harus bisa menjaga diri dari penyakit sosial seperti LGBT, narkoba, dll. Dan juga harus fokus bahwa pendidikan yang utama dan berorganisasi sebagai kegiatan tambahan,”tegas Eka.

Sebelumnya, M. Armedo Ketua IMATAR dan Padang Panjang UNP periode 2022-2023 mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan.Mohon dukungannya agar IMATAR UNP dapat berjalan dengan baik, terutama dalam menjalankan program. Saya juga berterima kasih kepada bupati atas kesediaannya untuk melantik. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk berbuat lebih baik ke depannya,” katanya.

Dikatakan M. Armedo IMATAR dan Padang Panjang UNP memiliki beberapa program yang sudah dilaksanakan. “Salah satu program yang kami jalankan adalah memfasilitasi mahasiswa baru untuk kos atau tinggal sementara bersama seniornya asal Tanah Datar sampai memiliki kos-kosan sendiri,” ujar Armedo.

Sementara itu Roby Eliga Putra Ketua IMATAR periode 2021-2022 mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak selama kepemimpinannya.

“Terima kasih atas dukungannya, kami mohon maaf jika ada kekurangan dan program yang belum dilaksanakan, dan berharap di bawah kepengurusan baru IMATAR dan Padang Panjang UNP lebih maju dan bermartabat,” ujarnya.

Setelah itu, M. Sadiq Pasadiqoe Bupati periode 2005-2015 juga dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Pengurus IMATAR dan Padang Panjang yang dilantik Bupati Eka Putra periode 2022-2023.

“Selamat atas pelantikannya, semoga dilaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Dan pesan saya, Bupati Pak Eka Putra telah bersedia melantik saudara di hari libur,tentunya ini harus dihormati dan dijadikan motivasi untuk IMATAR ke depan lebih baik lagi,” kata Sadiq.

Turut hadir Ketua KNPI Tanah Datar Bayu, Pembina IMATAR, Ketua IMATAR Nusantara, Ketua IMATAR Kota Padang dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *