Nasional

Dialog Kebangsaan Ummat Islam di Padang Hasilkan “Piagam Minangkabau Nan Sapuluah”. Apa Itu?

Oleh Sri Widodo Soetarjowiyono, Redaktur FNN

Sejak dahulu, Ranah Minangkabau tak henti-hentinya membuat terobosan dan karya monumental buat negara ini. Mulai dari masa sebelum kemerdekaan dengan perlawanan tokoh Tuanku Imam Bonjol yang buat penjajah Belanda kewalahan. Hingga masa pra kemerdekaan hingga hari ini.

Tercatat 15 orang Pahlawan Nasional dari 104 Pahlawan Nasional seluruhnya berasal dari Minangkabau. Salah satu funding father yang menandatangani teks Proklamasi seperti Moh Hatta adalah orang Minangkabau.

Perumus Pancasila, ada Moh Yamin dan Moh Hatta. St Syahrir sebagai Perdana Menteri pertama Indonesia, sampai pencetus mosi integral negara Indonesia menjadi NKRI juga adalah Muhammad Natsir tokoh utama Partai Masyumi.

Ketika negara darurat “hampir jatuh” akibat agresi Belanda I dan II, bumi dan tanah Minangkabau juga adalah pelindung sejati tempat PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) yaitu di Kota Bukitinggi dan Payakumbuah tepatnya di Kabupaten 50 Kota.

Ketua MUI pertama yang juga ulama besar Buya Hamka orang Minangkabau. Diplomat legendaris yang kuasai 11 bahasa asing yaitu H Agoes Salim, orang Minangkabau. Pemegang tongkat revolusi dari 4 orang, 3 orangnya adalah dari Minangkabau yaitu : Hatta, Syahrir, dan Tan Malaka.

Tokoh wanita yang namanya dijadikan nama jalan protokol di DKI Jakarta yaitu Hj Rasuna Said berasal dari Minangkabau. Perempuan pertama yang mendapatkan gelar Syaihah dari Iniversitas Al Azhar Mesir dan pendiri pesantren wanita pertama di dunia juga orang Minangkabau yaitu Hj Siti Rahmah El Yunusiyah.

Banyak lagi kalau mau disebutkan sejarah dan fakta gemilang orang Minangkabau berkarya untuk negeri ini. Jadi, wajar dialog kebangsaan yang digagas oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar pada hari Jum’at 28 Januari 2023 di Hotel Pangeran Beach Padang, mengundang Jenderal Gatot Nurmantiyo mantan Panglima TNI 2017-2019 hadir menjadi ‘Keynote Speaker’ dalam acara Dialog Kebangsaan Ummat Islam dengan tema “Bagaimana ummat Islam Menghadapi Tantangan Kedepan”.

Tahu mau masuk daerah gudangnya para pemikir, Jenderal Gatot Nurmantiyo yang akrab dipanggil GN ini tahu diri dan membawa rombongan 30 orang tokoh nasional yang juga para pakar, guru besar, akademisi dan ulama.

Tampak hadir bersama rombongan yang juga menjadi nara sumber ; Prof Dr Chusnul Mariah, Dr Mohammad Said Didu, Dr Syahganda Nainggolan, Dr Ubaidillah Badrun. Juga bersamaan hadir mantan Ketua Komnas HAM dan Rektor UNJ Jakarta Prof Hafidz Abbas, Rektor UCI Prof Laode Kamaludin, Ketua Federasi Buruh Seluruh Buruh Indonesia Moh Jumhur Hidayat, Habieb Muchsien Al Athos, juru bicara Presiden Gus Dur Adhie Massardi, Gede Siriana, mantan Dirut Bakri Land Hendri Harmen, Andrianto, Wahyono, Mayjen Purn Fuad Basya, dan Dr Anton Permana Dt Hitam yang juga putera Minangkabau.

Hadir lebih 300 an peserta yang mewakili MUI masing Kabupaten dan Kota Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, dan Kepri. Belum lagi para pimpinan Pondok Pesantren, BEM, ormas Islam baik Muhammadiyah, NU, PERTI, PERSIS, DDI, Tarbiyah, para dosen, guru besar, tokoh adat hingga Bundo Kanduang.

Dari pemerintahan hadir para FORKOPIMDA Wagub Sumbar mewakili Gubernur Sumbar yang lagi umroh Dr Audy Joinaldy, Polda, Korem, Lantamal yang mewakili dan juga tentunya Ketua MUI Buya Gusrizal Gazahar berserta Ketua LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar Datuak Nan Sati.

Suasana terlihat hangat dan semangat. Paparan dari para nara sumber pun berkualitas. Ada dua sesion dalam seminar tersebut di luar pembukaan. Dan boleh dikatakan, tingkat kehadiran perserta dalam ruangan meskipun sampai larut malam sangat tinggi dan antusias. Dialog yang dimulai tepat pukul 16.00 WIB itu selesai pukul 00.30 WIB dini hari. Hebatnya, para peserta boleh dikatakan bertahan hadir 99 persen.

Dari hasil semua dialog itulah, makanya para peserta yang hadir membentuk tim untuk merumuskan dan memformulasikan apa inti sari kesimpulan dari dialog yang dilaksanakan untuk kemudian ditindak lanjuti.

Adapun 10 rumusan yang di hasilkan menjadi “ PIAGAM MUNANGKABAU NAN SAPULUAH” adalah sebagai berikut :

PIAGAM MINANGKABAU NAN SAPULUAH

Dengan Menyebut nama Allah SWT, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kami masyarakat Minangkabau, yang hadir pada Dialog Kebangsan Ummat Islam di Hotel Panggeran Beach 2023. Menyatakan bahwa :

  1. Telah terjadi tragedi kerusakan sistematis dalam perjalanan roda bernegara kita Republik Indonesia seperti pada system, aturan, dan sumber daya manusianya di hampir segala lini.
  2. Kami bersepakat, tetap setia pada konstitusi dasar yang telah dirumuskan Founding Father negara Indonesia yang di Proklamasikan 17 Agustus Tahun 1945. Yakni Pancasila dan UUD 1945
  3. Menolak tegas segala bentuk neo-invansi, neo-kolonialisasi, yang merongrong kedaulatan NKRI, baik itu secara terbuka maupun tertutup oleh siapapun terhadap negeri ini.
  4. Menolak tegas segala upaya, adu domba, provokasi de-islamisasi, islamphoia, infiltrasi, fitnah, dan pemutarbalikan fakta sejarah, kriminalisasi, intimidasi, terhadap Islam dan Pancasila. Dan meminta semua pihak untuk segera berhenti mengasosiasikan ummat Islam dengan stigma radikalisme, intoleransi, politik identitas, dimana hal ini kami anggap sebagai upaya membungkam dan menyudutkan ummat Islam yang ta’at beribadah serta tidak mudah ikut, manut dengan keinginan suatu kelompok politik.
  1. Bersepakat untuk bersama berjuang, menyelamatkan nasib bangsa ini, dari serangan perang asymetris yang menyasar kedaulatan bangsa ini, seperti upaya kudeta konstitusi, perampokan sumber kekayaan alam (SKA), infiltrasi ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, serta menggunakan kekuatan negara untuk kekuasaan oligarki politik dan oligarki ekonomi.
  2. Mempersiapkan diri, keluarga, lingkungan, ummat Islam dan masyarakat luas agar kembali menjadi kekuatan civil society yang kuat dengan azas kearifan lokal berupa semangat ukuwah Islamiyah, ukuwah wathaniyah, semangat gotong royong, dan kesadaran Jihad untuk bersama menyelamatkan nasib bangsa ini ke depan, baik melalui perjuangaj LINEAR politik negara, maupun NON-LINEAR, politik insidentil (darurat) negara yang di jamin konstitusi UUD 1945.
  3. Meminta semua pihak untuk secara sadar, menghentikan segala bentuk upaya, prilaku, agenda tertentu yang bisa membahayakan keutuhan NKRI, serta juga menghentikan penggunaan alat kekuasaan negara untuk kepentingan kekuasaan kelompok politik tertentu. yang telah melukai, menyakiti, dan mengkhianati rakyat.
  4. Mendukung penuh setiap upaya perbaikan, kritikan, perlawanan, action plan, dari pihak manapun juga terhadap jalannya roda pemerintahan yang dianggap telah jauh melenceng dari amanat konstitusi dan cita-cita perjuangan para Bapak bangsa.
  5. Menindak lanjuti, kesepakatan hari ini dengan membentuk, melebur, atau bergabung dengan kelompok perjuangan yang sudah ada dan terbentuk karena melawan kezaliman dan kemungkaran dengan Dakwah dan kekuatan Civil Society.
  6. Masyarakat Minangkabau dalam falsafah hidup Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, siap menjaga NKRI dengan seluruh jiwa raga, dengan bertekad sejak hari ini akan terus menyuarakan kebaikan, merajut persatuan, menghimpun kekuatan, baik fisik dan non fisik, baik materil dan spritual, baik sendiri maupun kelompok, untuk menjadi benteng pertahanan bangsa Indonesia yang solid, tangguh, dan militan.

Semangat dan spirit ini akan terus digelorakan mulai dari keluarga, kaum, kampuang, dan Nagari Nagari di seluruh ranah Minangkabau.

Padang, 28 Januari 2023

Dengan telah dibacakannya Piagam Minangkabau Nan Sapuluah (sepuluh) ini, maka tentu diharapkan dapat tersosialisasi ke tengah masyarakat Minangkabau khususnya, dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Karena spirit “urang awak” ini bisanya akan mudah menjadi trigger dan motivasi bagi kelompok yang ingin perubahan lebih baik terhadap negeri ini. InsyaAllah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *