Pekanbaru

Kecamatan Senapelan Gelar Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RKPD 2024

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Musrenbang tingkat Kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota.

Adapun Tujuan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan.

Pemerintah Kecamatan Senapelan kembali melaksanakan Musrenbang tahun 2023 penyusunan RKPD 2024 pada Jum’at (03/02/23) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Senapelan Jalan Panglima Undan.

Dalam hal ini Camat Senapelan Yeni Erita S.Sos menyampaikan sesuatu yang diharapkan masyarakat dalam Musrenbang haruslah diperjuangkan bersama.

“Pelaksanaan Musrenbang ini adalah langkah awal untuk membangun daerah kita. Meskipun tidak semua yang kita rencanakan dapat diwujudkan, tapi kita harus konsisten pada prosesnya,” ujar Camat Yeni.

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar dapat memahami konsep pembangunan yang sifatnya berkesinambungan, artinya tidak dapat diwujudkan langsung tapi secara bertahap.

“Apabila rencana pembangunannya belum terealisasikan di tahun ini, maka kita masih bisa mengajukan kembali pada tahun depan,” jelas Camat.

Untuk usulan perencanaan pembangunan, Camat mengatakan ada 3 yang bisa dimasukkan atau diusulkan setiap kelurahan, maka ditetapkan terdapat 18 usulan yang akan disampaikan ke Musrenbang tingkat kota Pekanbaru.

“Mudah mudahan usulan kita ini dapat terealisasikan semuanya, tergantung dari kemampuan pemerintah kota Pekanbaru,” sebut Camat.

“Dari 18 usulan tersebut, terdapat prioritas utama yaitu pembangunan drainase di Jalan Kota Baru Kelurahan Kampung Bandar yang telah kita usulan pada tahun lalu, namun karena rasionalisasi belum terlaksana. Alasan yang kita prioritas ini untuk pencegahan antisipasi banjir dan Jalan berlobang sesuai program Bapak Pj. Wali Kota Muflihun S.STP M.Ap,” tutup Camat Yeni.

Sementara itu, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) kota Pekanbaru dalam forum musyawarah menyebutkan pada tahun 2022 lalu terdapat 16 usulan perencanaan pembangunan yang akan dikerjakan pada tahun 2023 ini, termasuk didalamnya usulan yang baru dibahas untuk tahun 2024 nanti.

“Untuk pembangunan di tahun 2023 ini ada 16 titik, yakni 5 pembangunan sumur air bersih, 2 pembangunan saluran lingkungan, dan 9 pembangunan jalan lingkungan. Kita berupaya secepatnya direalisasikan, tergantung dari kemampuan keuangan daerah. Kalau siap tempur, siap kapan saja bekerja sesuai arahan dan petunjuk pimpinan,” jelas Martin Manoluk Kabid Prasana Sarana Utilitas Umum (PSU) Dinas Perkim kota Pekanbaru.

“Kami juga berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya forum RT/RW untuk bisa mendukung penuh program Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengatasi permasalahan banjir. Kami mengajak untuk mengiatkan kembali gotong royong dilingkungan sekitar dengan memperhatikan parit yang rawan tersumbat akibat pasir dan sampah berserakan,” tutup Martin sembari menghimbau masyarakat agar tetap kompak dan semangat selalu.

Dari parlemen yang hadir, Anggota DPRD kota Pekanbaru fraksi Hanura Suherman berjanji akan mengawal hasil rencana pembangunan yang telah dibicarakan di Musrenbang tingkat Kecamatan Senapelan RKPD tahun 2024.

“Semoga usulan-usulan kita dapat terealisasikan semuanya, karena sebagian besar rencana pembangunan yang telah diusulkan oleh masyarakat sebagian besar membantu menyukseskan program Pj Wali Kota Pekanbaru mengatasi permasalahan banjir,” tutup Pria yang akrab disapa Herman Abak. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *