Dharmasraya

Harga Komoditi Pangan di Dharmasraya Relatif Stabil

Dharmasraya, PilarbangsaNews – Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya, mencatat harga komoditi pangan di wilayah setempat relatif stabil. Harga tersebut merupakan harga rata-rata yang diambil dari sejumlah pedagang oleh Petugas Pemantau Harga Pangan Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya.
”Harga komoditi pangan hari ini, Senin, 6 Maret 2023 relatif stabil. Harga ini diambil di Pasar Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung dan pasar lainnya di Dharmasraya,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya, Ramilus didampingi Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dodi Sandra Syam.
Lanjut Dodi Sandra Syam, harga komoditi pangan tersebut berupa beras kwalitas I minggu lalu harganya Rp 17.000 per kilogram, dan hari ini harganya sama, beras kwalitas II Rp13.500 per kilogram, sama dengan minggu yang lalu. Kemudian harga cabai merah minggu lalu harganya Rp 65.000 per kilogram, dan hari ini Rp 50.000 per kilogram, dan cabai hijau Rp40.000 per kilogram, turun menjadi Rp 35.000 per kilo.” Turunnya cabai ini lantaran produksinya lancar,” terang Dodi Sandra Syam.
Dodi menambahkan, selanjutnya harga cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, kacang kedelai, ubi kayu, ubi jalar, tomat, kentang, kol, kelapa, daging sapi, daging ayam boiler, telur ayam ras, ikan laut, ikan air tawar, gula pasir, minyak goreng curah, dan tepung terigu, harganya stabil dari minggu lalu sampai hari ini.
“Harga ini diperkiran menjelang memasuki bulan ramadan atau jelan hari raya berkemungkinan berajak naik. Ini pun tergantung produksi. Apabila produksi lancar, maka harga akan stabil,” katanya.
Menurutnya, pihaknya akan terus memantau pergerakan harga komoditi pangan di wilayah Dharmasraya.“Kita berharap harga ini tetap stabil agar masyarakat tidak terbebani. Apalagi disaat pemulihan ekonomi saat ini lantaran hantaman pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu,” pungkasnya.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *