Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra Canangkan Crash Program Polio Dengan Target 19.740 orang

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM. mencanangkan Crash Program Polio untuk 19.740 orang di Luhak Nan Tuo ini,dilaksanakan di Gedung Serba Guna,Sungai Tarab, Senin (6/3/2023).

Bupati Eka mengatakan, berkaca dari total 3 kasus Kejadian Luar Biasa(KLB) polio di Provinsi Aceh menjadi perhatian semua pihak termasuk dunia.

Oleh karena itu, berdasarkan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Komite Ahli Nasional Surveilans PD31 merekomendasikan Sumatera Barat(Sumbar) dan dua provinsi lain di Sumatera untuk melaksanakan Crash Program Polio.

Selanjutnya akan dilaksanakan Crash Program Polio untuk sasaran usia 0-59 bulan.Sedangkan untuk anak usia 0-4 bulan,2 tetes Oral Polio Vaccine (OPV) dan untuk anak usia 4-59 bulan 2 tetes OPV serta 1 dosis Inactivated Polio Vaccine (IPV) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Seterusnya, Bupati Eka mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk mensukseskan Crash Program Polio sehingga dapat menghilangkan penyakit polio bagi seluruh Balita di Tanah Datar.

“Kita tidak ingin penyakit polio ada di Tanah Datar. Untuk itu kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja keras mengedukasi dengan cara-cara humanis agar semua anak-anak mendapatkan Imunisasi imunisasi polio dalam kegiatan Crash Program Polio ini,” kata Bupati Eka.

Sementara itu, Ali Akbar, S.K
M, M.Kes, Ketua Tim Pokja Crash Program Polio Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar mengatakan Crash Program Polio bertujuan untuk mempertahankan status bebas Polio di Indonesia.

“Apa yang kita lakukan untuk mensukseskan Crash Program Polio di Tanah Datar dapat terealisasi dengan baik. Hal ini tentu membutuhkan dukungan semua pihak,” kata Ali Akbar.

Dalam kesempatan yang sama, H. Masnefi,Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Datar juga mendukung pelaksanaan Crash Program Polio di Tanah Datar.Hal ini sudah dibicarakan bersama MUI Sumbar.

“Kepengurusan MUI Tanah Datar mendukung kegiatan imunisasi polio ini. Jadi tidak perlu ragu untuk menjadikan daerah ini bebas penyakit Polio,” ujar Masnefi.

Pada kesempatan yang sama Dr. Yesrita Zetrianis Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, dalam laporannya menyampaikan bahwa Crash Program Polio akan dilaksanakan mulai tanggal 6-13 Maret 2023 dengan sasaran seluruh anak mendapatkan imunisasi polio.

“ Crash Program Polio ini dirancang untuk seluruh Balita di Tanah Datar, bahkan jika mereka telah menyelesaikan imunisasi lengkap ini sebagai tambahannya.dan bisa ditemukan di seluruh Posyandu,” kata Yesrita.

Hadir pada saat itu kepala OPD dilingkungan Pemerintah Tanah Datar, ketua TP-PKK Tanah Datar diwakili Sekretaris Rosnidel, Forkopimca Sungai Tarab, Wali Nagari se kecamatan Sungai Tarab, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *