Artikel

Siapa Sangka! Populasi Kangguru Lebih Besar Dari Penduduk Australia                                                           

Oleh: Santila*)

Australia dikenal dengan sebutan “Negara Kangguru”, namun ada beberapa hewan lainnya yang memiliki populasi yang besar menempati negara tersebut. Hewan – hewan tersebut adalah domba dan unta. Saat sekarang populasi kangguru mencapai 10,9 juta ekor, domba mencapai 76 juta ekor dan unta mencapai 750.000 ekor.

Australia merupakan negara yang memiliki kondisi alam yang bagus untuk beberapa fauna sehingga dapat berkembangbiak dengan baik. Berikut beberapa penjelasan mengenai ketiga hewan tersebut, yaitu:

1. Kangguru

Kangguru yang memiliki bobot 90 kg dengan tinggi rata-rata melebihi tinggi manusia (sekitar 2 meter). Kangguru yang memiliki dua kaki belakang yang besar sebagai tumpuan untuk berdiri, ekor dan ciri khasnya punya kantong besar (betina).

Rentang waktu hidup sekitar 8-23 tahun dan habitatnya di hutan, sabana, dan dataran Australia. Uniknya,sebagai hewan herbivora, Kangguru bisa menahan untuk tidak minum dalam jangka beberapa waktu tertentu.

Dilansir dari thoughtco.com, “Kangguru bahkan bisa memuntahkan makanannya untuk dikunyah dan kemudian ditelan lagi”. Terdapat tiga jenis Kangguru di Australia, yaitu Kangguru merah, Kangguru abu-abu, dan Kangguru pohon.

2. Domba

Domba merupakan hewan herbovira yang memiliki banyak manfaat, mulai bulunya yang bisa digunakan untuk membuat kain wol, dan dagingnya untuk dikonsumsi. Seekor domba dapat menghasilkan rata-rata 1-6 kg wol dari bulunya.

Selain bulunya, daging-daging domba di Australia juga diimpor ke negara lain karena kualitas dagingya yang bagus dengan kandungan protein yang tinggi. Pakan domba yang berupa rumput sangat berpengaruh bagi kualitas kesehatannya. Wilayah Australia banyak terdapat padang rumput yang luas, hal ini dapat meningkatkan kualitas daging domba yang sehat.

Keadaan alam yang mendukung membuat populasi domba sangat tinggi. Dengan populasi yang tinggi, jumlah domba bahkan melebihi jumlah populasi penduduk Australia sendiri loh! Dikutip dari akun Facebook @Australian Embassy, menyebutkan “populasi domba 3 kali lebih banyak dari pupolasi penduduknya, yaitu sekitar 150 juta domba dari data statistik tahun 2014. Hal itu tentu saja sangat mempengaruhi peningkatan pemasukan negara Australia”.

3. Unta

Wah! Siapa sangka ternyata Australia merupakan negara pengimpor unta ke negara-negara Timur Tengah. Pada umumnya, kita tahu bahwa unta identik dengan negara-negara Timur tengah, namun faktanya, “Australia mengekspor 10.000 ekor unta setiap tahunnya ke negara-negara di Timur Tengah”, pernyataan ini dikutip dari akun Tiktok @101 Fakta Dunia.

Bersumber dari website voaindonesia.com, menyebutkan “unta-unta Australia diekspor ke Jordania, Kuwait dan Uni Emirat Arab sebagai hewan potong untuk dikonsumsi. Awal mula unta dibawa ke Australia pada tahun 1860-an dan berkembang pesat”. Para peternak unta di Australia yang berhasil mengembangbiakkan unta sehingga Australia menjadi negara nomor satu penghasil unta terbanyak di dunia.

Nah, jadi sekarang kita tau beberapa fakta unik tentang Australia yang kemungkinan besar belum diketahui banyak orang kan. Jadi negara tetangga tersebut memang sangatlah kaya akan sumber daya alam fauna nya.

Jadi, semakin kita tahu tentang beragam fauna yang bermanfaat bagi kehidupan maupun ekosistem, sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian fauna di dunia dengan tidak membunuh atau memburu maupun menghancurkan habitat hewan-hewan terkhusus hewan langka. “Kita sebagai generasi muda memang bertanggung jawab akan kelestarian alam dan dunia sehingga masa depan anak cucu kita tidak terancam akan adanya kerusakan alam” tanggapan Dhea Arita yang merupakan salah satu mahasiswi Universitas Andalas.

*) Santila Mahasiswa Unand Padang

Catatan: isi artikel menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *