PESSEL

Hari Jadi Pessel ke-75, Syafrizal Ucok : Harus Bangga Jadi Orang Pasisia

Teks Foto : Anggota DPRD Pessel Novermal Yuska, Sekda Pessel Mawardi Roska, Mantan Sekda Pessel Erizon dan Ketua LKAAM Pessel Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah

Painan, PilarbangsaNews

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-75 ditandai dengan Rapat Paripurna DPRD Pessel, Sabtu (15/4/2023). Hari Jadi kabupaten yang disebut Negeri Sejuta Pesona ini dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Ketua Asosiasi Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) Sutan Riska Tk Kerajaan.

Pada kegiatan ini hadir Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, S.Pd.MM., Forkopimda, Ketua LKAAM Pessel Drs. Syafrizal Ucok MM Datuak Nan Batuah, Kepala OPD, Bupati/Wako se-Sumbar, Ketua DPRD se-Sumbar, Tokoh Masyarakat Dr dr Andani Eka Putra, Ketua KAN, Bundo Kanduang, Perantau, Camat dan Wali Nagari se-Pessel.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pesisir Selatan Drs Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah menyampaikan kepada media ucapan selamat atas peringatan Hari Jadi Pessel dan pencapaian pembangunan kepada Pemkab, DPRD dan untuk seluruh masyarakat Pesisir Selatan yang sering disebut sebagai “Rang Pasisia” ini.

Dalam usia Pesisir Selatan yang ke-75 tahun ini, Syafrizal Ucok mengharapkan agar Pemda lebih fokus pada upaya-upay untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena inilah tujuan dari pembangunan, apalagi daerah kita pasca dilanda pandemi Covid-19 ini.

“Langkah konkrit yang harus dilakukan Pemkab Pesisir Selatan adalah dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur strategis dan dasar seperti jalan dan jembatan untuk percepatan ekonomi di nagari-nagari, sehingga memudahkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dibawa untuk dipasarkan ke ibu kabupaten atau ke luar daerah,” kata Syafrizal Ucok.

Kemudian Pemkab harus pro aktif mendorong dan membantu terjadinya kegiatan hilirisasi dari produk pertanian, perkebunan dan perikanan. Dengan hilirisasi tentu akan memberikan nilai tambah dan serapan tenaga kerja masyarakat.

Menurut Syafrizal Ucok, yang tidak kalah penting adalah pembenahan destinasi wisata unggulan dan SDM pariwisatanya, sehingga mengakibatkan tingginya aktifitas kunjungan wisatawan yang berdampak kepada ekonomi masyarakat.

“Menurut hemat kami, tiga hal yang strategis yaitu pembenahan infrastruktur dasar, mendorong hilirisasi produk dan pembenahan destinasi wisata, dapat mempercepat tumbuhnya perekonomian Pesisir Selatan yang kita cintai ini,” kata Syafrizal Ucok, Wabup Pesisir Selatan periode 2005-2010.

Namun yang tidak boleh dilupakan, kata Syafrizal Ucok, adalah berkolaborasi dalam membangun Pessel. Bantuan tidak hanya uang, tetapi juga ide, sumbang saran, bahkan seminimalnya memberikan doa terbaiknya. “Tidak boleh ada yang dianggap musuh atau lawan, tetapi semuanya adalah masyarakat Pessel, baik itu yang ada di kampung maupun yang berada di perantauan. Mari kita bangga sebagai Rang Pasisia,” kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari juga Ketua KAN Painan.

Pada momentum Rapat Paripurna ini Ketua DPRD Ermizen, S.Pd. menyampaikan bahwa ada tiga cara pandang kita setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten. Ketiganya adalah berkaca pada masa lalu, mengisi hari ini dan menatap masa depan dengan optimis. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *