Pasaman Barat

Pemkab Pasbar Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Daerah

Pasbar, pilarbangsaNews.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Daerah sesuai arahan Presiden Republik Indonesia bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara rutin dilaksanakan setiap hari Senin yang dipimpin oleh Kemendagri yang di laksanakan di ruang Balkon Kantor Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Senin (15/05/2023).

Rakor diikuti oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Forkopimda serta unit kerja terkait pengendalian inflasi yang juga melibatkan unsur Bulog dan KADIN.

Rapat tersebut dimulai dengan pemaparan statistik inflasi oleh BPS, dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kementerian Perdagangan RI, Kementan RI, Badan Pangan Nasional, Satgas Pangan Mabes Polri, Panglima TNI, Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung RI serta Kabupaten/Kota yang angka inflasinya tinggi pada minggu sebelumnya.

Kabag Perekonomian selaku Sekretariat TPID Kabupaten Pasaman Barat, Endang Rirpinta menjelaskan bahwa dalam online conference itu Mendagri Tito Karnavian menegaskan untuk harus mengendalikan inflasi, karena berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Jika harga melonjak tinggi dan kemampuan masyarakat rendah, maka akan dapat memantik gejolak konflik sosial serta terganggunya ketertiban dan keamanan. Hal tersebut menjadi acuan, bahwa pengendalian inflasi menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam rapat juga disinggung mengenai resiko kekeringan yang perlu diwaspadai, termasuk fenomena pemanasan suhu El Nino.

Ia meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menghemat penggunaan air, pangan serta memperhatikan pentingnya untuk menjaga kesehatan. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *