Pendidikan

HMA Yusuf Siregar : Jangan Dibiarkan Begitu Saja, Bimbing dan Dorong Mereka

Deli Serdang, PilarbangsaNews

Para siswa sekolah yang baru lulus, baik dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), jangan dibiarkan begitu saja dalam memilih pendidikan lanjutan. Karena, para siswa berusia remaja masih dalam fase yang labil.

Pesan ini ditekankan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar kepada seluruh wali murid pada pelepasan siswa kelas IX SMP dan XII SMA/SMK Yayasan Pendidikan Delisha tahun ajaran 2022/2023 di Desa Tandem Hilir II, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (27/5/2023).

“Yayasan Pendidikan Delisha mewisuda 345 siswa, yang nantinya akan mencari, membuat jati dirinya mau ke sekolah mana? Seperti siswa SMP, mau melanjutkan ke SMA mana dan siswa SMA/SMK mau melanjutkan ke perguruan tinggi mana? Jangan dibiarkan, namun kita dorong, dituntun dan dampingi mereka menentukan sekolah mana yang pantas untuk melanjutkan pendidikannya,” pesan Wabup di acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Deli Serdang, Ketua Yayasan Delisha, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostan), Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab, Camat Hamparan Perak, Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dinas Pendidikan Hamparan Perak, para Kepala Sekolah dan guru Yayasan Pendidikan Delisha; Ketua Komite Sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan dan para orang tua siswa.

Ditegaskan Wabup, maju, mundurnya bangsa dan negara ditentukan Sumber Daya Manusia (SDM). Maka, jangan sampai para siswa tersebut berhenti hanya di titik itu. Harus, melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Kalau mereka tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sia-sia guru yang telah mendidik mereka selama 3 tahun. Dari yang tidak tahu (tidak mengerti) apa-apa menjadi tahu (mengerti),” tegas Wabup.

Wabup juga memberi mewanti-wanti para siswa SMP dan SMA Yayasan Delisha yang telah lulus agar serius dan fokus dalam belajar untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik.

“Orang tua kalian bersusah payah mencari uang untuk pendidikan, kadang-kadang keringat keluar, kadang-kadang sakit. Jadi, kalian betul-betul belajar supaya nantinya jadi orang yang lebih baik. Tidak ada orang berhasil tanpa pendidikan,” pungkas Wabup.

Untuk ke depannya, Wabup berpesan kepada para siswa untuk semangat belajar. Karena tugas para siswa adalah belajar, bukan mencari uang.

“Yang mencari uang itu orang tua kalian, jangan mengecewakan mereka. Sudah susah payah mencarinya, kalian melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti ikut geng motor, tawuran dan lain sebagainya. Itu tidak usah diikuti. Kalau ada yang mengajak berbuat seperti itu, jangan mau! Karena tidak ada artinya,” tegas Wabup.

Untuk Dinas Pendidikan, khususnya Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dinas Pendidikan Hamparan Perak, Wabup juga berharap jangan sampai ada lagi remaja atau generasi muda di Kecamatan Hamparan Perak yang putus sekolah.

“Rasanya tidak pantas di negara ini ada yang tidak sekolah, terkecuali anak-anak tersebut tidak mau sekolah. Bukan karena orangtuanya tidak mampu, anaknya yang tidak mau sekolah. Maka dari itu, anak-anak ini harus kita tuntun supaya menjadi orang yang terbaik nantinya,” tutup Wabup..

Sebelumnya, Ketua Yayasan Pendidikan Delisha, Arief Winarto SPd SE MSi MAP menjelaskan Yayasan Delisha meluluskan sebanyak 345 murid, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), SMP maupun Paket B, SMA maupun Paket C dan SMK di Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Belum panjang perjalan sekolah ini. Didirikan, pada tahun 2018. Namun, Yayasan Pendidikan Delisha meluluskan wisudawan terbanyak tahun 2022/2023 di antara sekolah-sekolah lain di daerah ini. Ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat kepada Yayasan Pendidikan Delisha,” paparnya.

Arief Winarto juga melaporkan, Yayasan Pendidikan Delisha membina sebanyak 1.300 peserta didik, mulai tingkat TK sampai kesetaraan serta memiliki 75 guru dan tenaga pendidik. (Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *