Malaysia

200.000 Orang Indonesia Melancong ke Serawak Malaysia

Jakarta, pilarbangsaNews.com – Dewan Pariwisata Sarawak, Malaysia, mencatat lebih dari 200.000 orang Indonesia atau WNI melancong ke negara bagian tersebut selama semester pertama 2023.

Kepala Eksekutif Dewan Pariwisata Sarawak Yusfida Khalid dalam keterangan yang diterima di Kuala Lumpur, Rabu, 20 September 2023, mengatakan Sarawak mencatat pertumbuhan kunjungan wisatawan yang pesat dari Indonesia, lebih dari 4 kali lipat dibanding periode sama tahun lalu.

Menurut dia, pada Januari-Juni 2022 jumlah turis asal Indonesia mencapai 46.000 orang.

Konektivitas langsung tiga kali seminggu dari Jakarta ke Kuching dari salah satu maskapai memfasilitasi dan mempermudah perjalanan wisatawan dari Indonesia untuk datang ke Sarawak.

Mereka, menurut Yusfida, kebanyakan mencari paket kesehatan, sekedar liburan dan berekreasi, atau mencari kerajinan tangan di sana.

Sejumlah acara ikonik seperti Sarawak International Dragon Boat Regatta yang digelar 27-30 Oktober 2023, Sarawak Regatta digelar 3-5 November 2023, hingga sambutan perayaan malam tahun baru yang biasa diadakan di Kuching menjadi pilihan bagi wisatawan Indonesia.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Syed Md Hasrin Tengku Hussin mengatakan kegiatan keliling atau roadshow yang diadakan Badan Wisata Sarawak (STB) membantu memperkuat persahabatan antara dua kota ikonis, Jakarta dan Kuching.

Mereka, kata dia, tentu menyambut para wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam Sarawak, negeri warisan budaya yang kaya dan pelayanan yang ramah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *