Kesehatan

Kenali Bahaya Virus Nipah

Info, pilarbangsaNews.com

Infeksi virus Nipah (NiV) adalah penyakit yang jarang namun parah dengan tingkat kematian yang tinggi.

Penyakit ini muncul secara sporadis dalam skala epidemi sejak tahun 1998.

Di India, wilayah Indo-Bangladesh dan wilayah pesisir Kerala terkena dampaknya.

Ini adalah penyakit zoonosis karena virus berpindah dari kelelawar ke manusia dan hewan ternak terutama babi.

Dapatkah Nipah berdampak lebih besar pada anak-anak dan orang lanjut usia?

Gejalanya meliputi demam tinggi, sakit kepala, pusing, perubahan sensorium, kejang, dan kesulitan bernapas.

Tidak ada usia yang kebal dan siapa pun yang melakukan kontak dengan kasus/hewan yang terinfeksi dapat tertular penyakit ini.

Anak-anak dan orang lanjut usia khususnya dapat mengalami gejala yang parah mengingat sistem kekebalan tubuh mereka yang belum matang/melemah.

Risiko Nipah pada organ tubuh Sanjeev Dutta, HOD dan Sr. Consultant – Neonatology & Pediatrics, Marengo Asia Hospitals, Faridabad mengatakan, virus Nipah terutama menyerang paru-paru dan otak.

Hal ini dapat menimbulkan manifestasi pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan, atau bahkan pernapasan cepat, demam, dan gejala gastrointestinal seperti mual dan muntah.

“Dalam kasus yang parah, hal ini dapat menyebabkan ensefalitis (radang otak) yang menyebabkan disorientasi atau kejang. Ensefalitis bahkan bisa menjadi bencana besar dan mengakibatkan koma atau kematian.” Paparnya dilansir Times of India.

Karena tidak ada vaksin yang tersedia dan tidak ada terapi khusus untuk infeksi NiV, pencegahan adalah kunci untuk mengendalikan wabah ini.

Tindakan pencegahan meliputi tindakan pencegahan standar, kebersihan tangan, dan tindakan keselamatan.

Kewaspadaan standar

Masyarakat, terutama anak-anak dan orang lanjut usia, harus menghindari kontak dengan pasien dan hewan yang sakit; makanan dan pakaian pribadi orang yang terinfeksi harus dipisahkan karena virus menyebar melalui benda asing.

Penggunaan masker, khususnya masker N95, dapat melindungi dari penyebaran virus melalui droplet.

Kebersihan tangan

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih berbahan dasar alkohol 70% merupakan langkah penting dalam perlindungan diri

Langkah-langkah keamanan

Hindari meminum getah kurma mentah karena dapat terkontaminasi air liur kelelawar; masyarakat harus menghindari makan buah-buahan dari tanah atau buah-buahan yang terlihat seperti digigit atau dijilat oleh kelelawar buah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *