Pesisir Selatan

Masyarakat Muaro Kandis Punggasan Dambakan Sumur Bor untuk Mengairi Lahan Pertanian

Air Haji, PilarbangsaNews

Masyarakat di Nagari Muaro Kandis, Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan sangat mendambakan adanya sumur bor untuk mengairi sawah mereka yang merupakan lahan tadah hujan.

Aspirasi masyarakat Muaro Kandis itu disampaikan oleh tokoh-tokoh Ninik Mamak dan pemuda dalam Silaturrahmi Masyarakat dengan Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Dapil 8 Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah pada Selasa (24/10/2023) malam.

Hadir dalam pertemuan silaturrahmi ini Pucuk Suku Sikumbang Siwat Aslan Dt. Bagindo Sutan, tokoh budaya Minangkabau Mak Datuak Manjo Dirajo, wiraswasta randang lokan Buyung Enek, Hakim Kudun dari Lakitan, tokoh masyarakat Nagari Indrapura M. Kamil Indra Pamangkubumi, dan lebih dari 100 orang anak kemenakan suku Sikumbang dibawah payung Datuak Rajo Indo.

Lebih lanjut disampaikan masyarakat tentang lahan pertanian yang sangat tergantung dari curah hujan. Karena itu adanya sumur bor menjadi nyawa bagi lahan persawahan masyarakat. “Kami sangat berharap Pak Syafrizal Ucok dapat duduk di DPRD Sumbar, sehingga bisa mewujudkan program-program untuk masyarakat petani, antara lain sumur bor ini,” kata Siwat Aslan Dt Bagindo Sutan memperkuat harapan masyarakat.

Lain petani, lain pula harapan dari masyarakat nelayan. Aspirasi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah harapan untuk dapat bantuan mekanisasi alat tangkap ikan berupa robin atau mesin tempel, sehingga masyarakat dapat menangkap ikan lebih jauh ke tengah laut.

Menjawab aspirasi masyarakat Muaro Kandis, Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah ini mengaku prihatin terhadap nasib petani dan nelayan yang ternyata banyak belum tersentuh selama ini oleh wakil rakyat. Mestinya kelompok masyarakat petani dan nelayan Pessel inilah yang prioritas mendapat perhatian dari anggota DPRD yang sudah diberikan amanah oleh masyarakat.

Memang diakui banyak proyek fisik dan infrastruktur yang harus disentuh, namun proyek fisik yang erat dengan petani dan nelayan, termasuk jalan lingkar pertanian, mestinya mendapat perhatian utama dari anggota dewan yang sudah dipilih, bukan pelatihan-pelatihan saja yang hanya dinikmati oleh segelintir kelompok masyarakat.

Komposisi penduduk Kabupaten Pesisir Selatan memang terbesar berada pada sektor pertanian dan kelautan. Karena itu program-program provinsi yang ada kaitan dengan petani dan nelayan harus direbut oleh wakil untuk dibawa ke Pesisir Selatan. Selain itu tentunya melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata dengan usaha-usaha jasa, kuliner dan cindera mata.

“Jika Allah SWT memberikan amanah kepada kami menjadi anggota DPRD Sumbar maka Insya Allah harapan masyarakat petani dan nelayan seperti yang ada di Muaro Kandis Linggo Sari Baganti ini, yaitu sumur bor dan fasilitas alat tangkap ikan bagi nelayan ini menjadi prioritas kami untuk diperjuangkan dalam APBD Sumatera Barat. Insya Allah,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah yang sehari-hari adalah Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan.

Tekad Caleg Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah yang beetekad untuk petani dan nelayan ini makin membulatkan tekad masya Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti ini untuk memberikan suara kepada Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar nomor urut 2 Syafrizal Ucok ini pada Pemilu 2024 mendatang. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *