Pessel

Mesjid Megah dibangun di SMPN I Batang Kapeh

Painan, PilarbangsaNews.com,—

Satu unit masjid megah kini sadang dalam penyelesaian finishing. Masjid megah itu dibangun dalam areal pekarangan UPTD SMPN I Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Jika masjid tersebut nanti selesai 100 %, bangunan tempat ibadah umat Islam itu nanti akan menjadi rumah ibadah yang termegah yang pernah dibangun dilingkungan sekolah umum.

Salah seorang warga masyarakat setempat menyebutkan, di UPTD SMP N 1 Batang Kapas ini bangunan rumah ibadah sebenarnya sudah lama ada tetapi statusnya sebagai mushala dan dimanfaatkan oleh guru agama sekolah itu untuk kegiatan praktikum misalnya melatih siswa menyelenggarakan kewajiban terhadap jenazah, mulai dari memandikan. mengkafani sampai penyelenggaran sholat jenazah.

Dengan status sebagai mushala, warga sekitar memanfaatkan rumah ibadah ini untuk menunaikan sholat Magrib, Isha dan Subuh berjamaah. Jika bulan Ramadhan tiba, oleh warga musholla ini digunakan untuk menunaikan sholat Tarawih berjemaah.

MISTERIUS

Kepala Sekolah Roni Sukri M.Pd menceritakan pada awalnya dia tidak mengatahui danator yang akan mendanai pembamiyaan masjid tersebut.

Salah seorang warga setempat yang biasa rajin sebagai jemaah sholat di Mushalla SMP Batang Kapas ini mendatanginya dan menyampaikan maksud dan tujuan kepada kepala sekolah

Disampaikan bahwa ada seorang hamba Allah yang ingin membangun masjid di dalam lingkungan pekarangan sekolah.

Roni Sukri lalu meresponnya dengan meminta izin ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan. Oleh Dinas Pendidikan keinginan danator itu disambut dengan baik dan dipersilahkan untuk memanfaatkan lingkungan sekolah.

Ternyata belakangan baru diketahui bahwa danator yang membiayai pembangunan Masjid itu adalah Rozi Paslah salah seorang alumni SMP Batang Kapas

Penambahan prasarana rumah ibadah dilingkungan sekolah saat ini memang sangat dibutuhkan jika dikaitkan dengan program Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar untuk memajukan pendidikan bagi generasi muda dan peserta didik di Kabupaten Pessel.

Program itu adalah Program Nagari Belajar telah di louching pada medio Mai 2023 lalu, menjadi program strategis yang bisa dijadikan legacy bagi Rusma Yul Anwar, seorang yang pernah menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan.

Kembali kepada masjid megah yang kini dalam tahap finishing itu berukuran 12 x 12 Meter. Menurut Kepala sekolah nanti diberi nama Masjid Nurfalah. Rencana peresmian sekitar bulan Desember 2023.

“InsyaAllah pertengah Desember kita resmikan nanti,” kata Roni.

Menurut Roni, jika selesai nanti masjid ini dapat dimanfaat oleh masyarakat setempat untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktu maupun masyarakat yang singgah lewat jalan raya karena masjid itu posisinya berada ditepi jalan raya Padang Pesisir Selatan.

“Direncanakan peresmian masjid itu nanti akan diresmikan oleh Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, demikian Roni Sukri M.Pd (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *