Wakil Rakyat

Surat PAW Keluar, Manuver Zalmadi Gagal Agar Tak Diganti Sebagai Anggota DPRD Padang

Padang, PilarbangsaNews

Manuver Zalmadi agar tidak dilakukan pergantian antar waktu (PAW) terhadap dirinya sebagai anggota DPRD Padang akhirnya gagal. Pasalnya, DPD Partai Berkarya Kota Padang telah menerbitkan surat permohonan persetujuan proses PAW Zalmadi kepada DPW Partai Berkarya Sumbar.

Informasi yang dihimpun media ini, surat permohonan proses PAW Zalmadi diterbitkan 6 November 2023. Adapun dasar surat tersebut adalah karena Zalmadi telah mengundurkan diri dari Partai Berkarya dan menjadi calon legislatif DPRD Kota Padang diri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terbukti diumumkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Surat yang ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPD Partai Berkarya Kota Padang ini untuk menindaklanjuti pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tanggal 4 November 2023 tentang penetapan calon tetap peserta Pemilu 2024.

“Benar, Zalmadi sudah terdaftar sebagai caleg tetap di PKB dan sudah menyerahkan surat pengunduran diri dari Partai Berkarya,” kata Resmita, Ketua DPD Partai Berkarya Padang beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Zalmadi melakukan manuver agar tidak dilakukan PAW terhadap dirinya. Manuver pertama, tidak mendaftar pada saat daftar caleg sementara (DCS) dan kemudian saat DCT namanya terdaftar di PKB.

Manuver kedua, mencoba mengelabui wartawan ketika ditanya soal surat pengunduran diri dari Partai Berkarya. Zalmadi berusaha menyembunyikan surat pengunduran diri tersebut. “Tanya ke partai,” ungkap Zalmadi ketika ditanya apakah ia sudah mengundurkan diri dari Partai Berkarya.

Diketahui, nama calon pengganti Zalmadi sebagai anggota DPRD Kota Padang disebut-sebut Khairul Karohan yang merupakan caleg Partai Berkarya peraih suara terbanyak kedua Dapil Kuranji-Pauh pada Pileg 2019.

Menurut Khairul Karohan, setelah DPD Partai Berkarya Kota Padang mengeluarkan surat permohonan proses PAW, pihaknya akan meminta rekomendasi DPW untuk permohonan kepada DPP Partai Berkarya mengajukan namanya sebagai calon PAW.

“Kita tunggu proses permohonannya di DPW yang kemudian diteruskan ke DPP Partai Berkarya,” jelas Khairul saat bertemu dengan wartawan akhir pekan lalu.

Dalan kesempatan itu, pensiunan PT. Semen Padang ini meminta dukungan media agar proses permohonan PAW-nya lancar. (gb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *