Pekanbaru

Capai Tahapan Pemilu Damai 2024, Bawaslu Riau Jalin Koordinasi Dengan Insan Pers

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau melaksanakan rapat koordinasi bersama media dalam hal publikasi dan pemberitaan pada tahapan kampanye tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023 tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal SE, M.Ikom dengan menghadirkan materi narasumber diantaranya Tenaga Ahli Humas Bawaslu RI Ronald Michael Manoach, Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nurhayati, Pimpinan Redaksi Tribun Pekanbaru Syarief Dayan.

Pada penyampaian Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal mengajak kepada para peserta yang terdiri dari wartawan media cetak, media online, dan media elektronik untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam mewujudkan Pemilu damai tahun 2024 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan agar teman-teman media dapat menyampaikan masukan serta ide-ide kepada kami, apabila permasalahan kinerja bawaslu yang diketahui bisa didiskusikan di forum rapat koordinasi ini,” ujar Alnofrizal.

“Kami berharap kepada para peserta untuk bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan diharapkan manfaat yang didapatkan dari sini bisa disampaikan serta diaplikasikan ditengah-tengah lingkungan masyarakat,” singkatnya.

Sementara itu, Direktur DEEP Indonesia Neni Nurhayati melalui live streaming menyampaikan rasa bangga dapat berbagi pengalaman dan informasi kepada peserta terdiri dari insan pers yang bertugas disebagian wilayah Provinsi Riau.

Menurutnya, kehumasan atau publik relation disalah satu hal terpenting dari institusi, sehingga dapat membantu peran kerja dari insan pers dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Nah kalau kita lihat hubungan dengan Pemilu 2024, citra kerja Bawaslu mulai baik dan positif dalam pandangan masyarakat melalui keterbukaan informasi. Dan hal ini akan menjadi tantangan bagi kita semua untuk dapat mempertahankan prestasi kerja ini sampai dengan tahapan akhir Pemilu nanti,” ujar Neni.

“Dan ternyata dari hasil survei yang kita terima bahwa masyarakat sangat puas dengan kinerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu. Bagaimana pun disampingnya dengan banyaknya kritikan, namun bawaslu bisa memperbaiki dan mempertahankan kepercayaan publik. Sehingga Bawaslu dinilai sebagai lembaga yang terpercaya untuk memberikan pengawasan dengan jujur dan tegas,” ulasnya.

Pada sesi terakhir, materi yang disampaikan oleh Pimpinan Redaksi Tribun Pekanbaru Syarief Dayan mengatakan sangat perlu dibangun sinergitas dalam menjalin kerjasama antara bawaslu dengan insan pers dengan lebih serius lagi.

Jujur saja dalam paparan yang disampaikan oleh pria akrab dipanggil Dayan ini, selama ini insan pers hanya mendapatkan data sesuai rilis berita, namun publik atau pembaca tidak mendapatkan informasi lebih lanjut dari pemberitaan tersebut.

“Hal ini merupakan suatu yang perlu diperhatikan, dan tentunya sinergitas antara Bawaslu dengan media dapat terus terjaga melalui penyampaian komunikasi secara kontinyu. Saya harap kegiatan kerjasama positif seperti ini dapat terus berlanjut, tidak hanya sekali ini saja,” pesan Wartawan senior tersebut.

“Saya berpesan untuk peserta wartawan yang hadir agar selalu terus menginformasikan hal bermanfaat dan akurat kepada masyarakat, dan pihak bawaslu tentunya dapat lebih transparan dan objektif dalam menjalankan kerja dibidang pengawasan selama tahapan Pemilu 2024,” tutup Dayan. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *