Pessel

Pessel Terima Penghargaan Swastisaba

Jakarta, PilarbangsaNews.com,-

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, tahun ini mendapat penghargaan swastisaba kategori wistara. Penghargaan itu diterima oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dari Menko PMK RI, Muhadjir Effendy.

Dari rilis berita yang dikirim ke grup WhatsApp oleh Kabid Pemberitaan Dinas Kominfo Pessel, Wildan, menyebutkan, penyerahan penghargaan Swastisaba dilaksanakan pada hari Senin 27 November 2023. Tidak ditulis dimana tempat penyerahannya.

Dari rilis berita itu disebutkan, penghargaan yan diberikan setiap 2 tahun sekali terdiri dari 3 kategori tingkatan dari yang terendah Padapa, Wiwerda hingga yang paling tertinggi Wistara.

Swastisaba wistara merupakan kegiatan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan. Penghargaan ini bentuk apresiasi yg diberikan dari Menteri Kesehatan RI dan Kementerian Dalam Negeri kepada Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan 9 tatanan penilaian predikat Swastisaba wistara.

9 penilaian tersebut diantaranya: Tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan satuan pasar, tatanan pariwisata, lalu tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial serta tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana.

Program kabupaten sehat bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

“Kita berterimakasih kepada masyarakat, Dinas Kesehatan dan OPD terkait, Forum Kabupaten Sehat serta para anggota DPRD dan stakeholder terkait lainnya yang terus mendukung penuh upaya peningkatan kesehatan selama ini di Kabupaten pesisir Selatan,” kata Bupati disela-sela acara penyerahan penghargaan dari 2 Menteri itu.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Drs.Rusma Yul Anwar,M.Pd menerima penghargaan itu ia di dampingi oleh kepala dinas Kesehatan dr.H.Syahrizal Antoni.SY.MPH serta Ketua Forum Kabupaten Sehat Efrianto,S.Si (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *