Agama

Pasaman Berimtaq Makin Berkembang, Guru Tahfiz Ditambah dengan Dana APBD

Lubuk Sikaping, PilarbangsaNews

Alhamdulillah, perkembangan yang bagus dan terjadi signifikan terkait progres pelaksanaan Program “Pasaman Berimtaq” melalui Gerakan Tahfiz, Gerakan Magrib Mengaji, Gerakan Subuh Berjamaah dan Toharoh Masjid, Gerakan Pembiasaan Berimtaq di sekolah.

Insya Allah, rekrutmen Pendidik Guru Tahfiz yang sekarang berjumlah 24 orang akan kembali ditambah pada tahun 2024 menjadi 62 orang sesuai jumlah nagari, yang didanai dari APBD Kab Pasaman dengan gaji perorang perbulan Rp2,5 juta.

Penambahan ini dilakukan atas komitmen dan ikhtiar maksimal pelaksanaan program prioritas Pasaman Berimtaq, guna menjadikan Kab Pasaman sebagai Kampung Quran/Darul Quran, dengan target semua warga/ generasi muda Pasaman harus bisa baca Quran bahkan generasi yang hafal Quran, dengan dukungan lingkungan pendidikan formal/sekolah, keluarga/rumah tangga dan dukungan lingkungan masyarakat, melalui pembinaan di MDA/MDTA, Pondok Tahfiz/Pondok Quran, Masjid/Musholla dan lainnya.

Keberhasilan pembinaan dan taqlimul Quran terlihat antara lain dari hasil seleksi pada setiap kecamatan dan dilaksanakan Wisuda Tahfiz yang mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2022 berjumlah 850 orang wisuda Tahfiz yang meningkat menjadi 1.600 orang pada tahun 2023 ini, diadakan Wisuda Tahfiz di halaman Kantor Bupati Pasaman.

“Untuk melakukan evaluasi perkembangan dan menyemangati para Ustad/Ustazah, saya bersama Dinas Pendidikan mengadakan pertemuan dan silaturrahmi di ruang rapat Bupati Pasaman untuk mengevaluasi,” kata Bupati Pasaman Sabar AS, Kamis (30/11/2023).

Hal ini, wujud dari misi peningkatan kualitas sumberdaya manusia, menciptakan generasi unggul berdaya saing yang memiliki akhlak mulia dan ilmu pengetahuan dalam memasuki bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045, terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *