50 Kota

Study Tiru Wartawan Luak 50 ke Pekanbaru : Dari Menyilau Pemko Kota Bertuah Hingga Nasi Boka Gonjong Limo, dan Berakhir di Graha Pena Riau Pos Grup

Babelok jalan ka Lubuak Bangku/Mandaki tantang Kelok Sambilan/Berwisata kami ke Pekanbaru/Mengais informasi menambah kawan.

Difasilitasi Pemkab Limapuluh Kota melalui Diskominfo, lebih kurang 57 orang wartawan dari berbagai media cetak dan online serta elektronik yang selama ini menjadi mitra kerja Pemkab melaksanakan study komparatif atau study tiru ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, 27-30 Nobember 2023.

Tiga sasaran yang dituju meliputi, Diskominfodiksan Kota Pekanbaru, Riau Pos Grup, dan panguyuban Gonjong Limo Kota Pekanbaru.

Perjalanan ini langsung dipimpin Kadis Kominfo Desri, S Pd, MM, dan didampingi Kabid Komunikasi Publik Deni Permana, S Sos, Kasi Layanan Media dan Kehumasan Joni “Coy” Indra, S.Kom, serta Kasi Monitoring Opini dan Aspirasi Pubik Herpa Tarmidi, A.Md.

Keberangkatan ke Kota Bertuah atau Pekanbaru Kota Madani gelarnya sekarang. dilepas secara resmi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo di kantor bupati Senin (27/11/2023) siang.

Wartawan Luak 50 di Kantor Diskominfotiksan Kota Pekanbaru

Hari pertama Selasa (28/11/2023) yang dikunjungi adalah Diskominfotiksan Kota Pekanbaru. Skedulnya pukul 10.00 WIB. Kantor Diskominfotiksan ini berlokasi di lantai 3 Pemko Kota Madani ini yang lokasinya bukan lagi di jantung kota Jalan Sudirman, tapi jauh dari pusat kota, kawasan baru yang masih lengang.

Komplek perkantoran Wali Kota Pekanbaru ini terletak di Jalan Abd Rahman Hamid, Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Di Gedung Sultan Muhammad Ali Abd Jalil Muzzam Syah, lantai 3 di situlah Diskominfotiksan berkantor. Mendung menyambut kedatangan rombongan dari Luak Limopuluah ini.

Diruang pertemuan Diskominfotiksan tersebut, rombongan insan media ini diterima oleh Kadis Kominfodiksan Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Diskominfotiksan Kanastaria Darma Alam Damanik, S Kom, M.Eng, dan didampingi Plh. Kabid PIKP Verdira Dinanti, S.Ikom.

Setelah Kadis Kominfo Limapuluh Kota, Desri menjelaskan maksud dan tujuan berkunjung ke sini, pihak sipangkapun menjawab kata. Yang pertama diungkapkan oleh Darma Alam Damanik adalah 5 program prioritas Pj. Wako Pekanbaru Muflijun, S Stp, M.AP. adalah layanan kesehatan 24 jam/doctor on call. Kedua, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekinomi. Ketiga, pemberian santunan kematian. Dan yang kelima, menfasilitasi tempat pusat UMKM terpusat di eks Kantor Kesbangpol, dan pusat kuliner Taman Labuai.

“Kota Pekanbaru yang tumbuh dan bermartabat sekarang begerak menuju kota metropolitan. Dengan APBD Rp2,6 triliun dan PAD Rp800 miliar, Pemko Pekanbaru mengalokasikan anggaran melalui Diskominfotiksan sebesar Rp8 miliar untuk kerjasama dengan media cetak, elektronik dan media online. Kami di sini tidak menyediakan honor berita, tapi hanya untuk pariwara,” kata Darma Alam Damanik.

Pertemuan wartawan Luak 50 dengan Paguyuban Gonjong Limo Kota Pekanbaru

Malamnya, pada hari yang sama, paguyuban Gonjong Limo Kota Pekanbaru menjamu wartawan Luak Limopuluah di Bengkel Kopi, kawasan dekat eks lokasi MTQ Nasional, Tangkerang.

Di Bengkel Kopi ini Ketua Gonjong Limo Kota Pekanbaru Dedi Armen dan anggota pengurus lainnya sudah menunggu kedatangan tamu dari kampung halaman ini.

Makan malam disediakan dengan nasi bungkus daun pisang ala kampung. Nasi boka istilahnya! Kampung tengah yang sudah meminta agar diisi sedari tadi, baru kini kesampaian. Meski dengan lauk pauk apa adanya, nasi boka mendiamkan bunyi gelang-gelang nan bak cigak kehilangan pisang itu.

Usai menyantap nasi boka, silaturahmi berbagi informasipun dimulai. Kadis Kominfo Desri pun mengutarakan maksud dan tujuan ini. Dan Ketua Gonjong Limopun menginformasikan gerakan dari kegiatan organisasi perantau Payakumbuh-Limapukuh Kota ini.

Nasi Boka, merupakan santapan makan malam dari Paguyuban Gonjong Limo Pekanbaru

Tugas terakhir dari study komparatif ini berlabuh di grup media terbesar di Sumatera ini, yaitu Riau Pos Grup, Rabu (29/11/2023). Dalam pertemuan yang berlangsung di lantai 3 Gedung Graha Pena ini rombongan insan media Luak 50 sudah ditunggu oleh dua Direktur Riau Pos, masing-masing Firman Agus dan Asmawi Ibrahim.

Firman menyampaikam riwayat koran ini semenjak mulai lahir 32 tahun lalu hingga sekarang. “Bulan Januari tahun depan Harian Riau Pos genap berusia 33 tahun,” ujar urang awak dari Kota Padang Panjang itu.

Beragam kendala telah dilalui Riau Pos, termasuk di era pandemi Covid-19 dan era media digital dimana media online tumbuh suburnya. “Alhamdulillah dengan terobosan inovasi dan kreativitas Riau Pos tetap eksis,” lanjut alumni Fakultas Sastra Unand itu.

Hingga saat ini, Riau Pos Grup yang telah merambah beberapa provinsi di pulau Sumatera ini, seperti Sumbar, Sumut, Kepri, dan Riau sendiri dan telah punya 40 koran harian.

“Grup Riau Pos juga punya televisi dan portal. Kami terus berbenah dan tak tinggal diam mempromosikan usaha media ini di jaringan sosial media, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook,” pungkas Firman Agus yang dibenarkan Asmawi Ibrahim. (WB Arta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *