Perguruan Tinggi

Sekda Hansastri Berharap Asosiasi Dosen di Sumbar Terus Berkolaborasi dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Padang, PilarbangsaNews

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar), Hansastri, mewakili Gubernur saat Pelantikan Pengurus DPW Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Provinsi Sumbar periode 2023-2028. DPW ADI dilantik oleh Ketua Umum DPW-ADI Pusat Prof. Mohammaed Ali Berawi di Gedung Convention Hall Ahmad Syafii Ma’arif, Kampus I Universitas Muhammadiyah Sumbar, Selasa, (16/1/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Hansastri menyampaikan bahwa peran dosen sangat penting dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mencetak generasi muda yang akan menjadi pemimpin bangsa. Di samping mengajar, meneliti, dan mengabdi kepada masyarakat sekaligus membimbing mahasiswa.

“Oleh karena itu tentu peran dosen harus dijalankan dengan seoptimal mungkin agar mahasiswa mampu mewujudkan cita-cita selama mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi, sehingga peran dosen benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Hansastri.

Oleh karena itu, Hansastri mengajak seluruh jajaran dosen yang tergabung dalam ADI agar bersinergi, bergandengan tangan, dan berkontribusi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga semakin berdaya saing yang tinggi dengan mahasiswa perguruan tinggi luar negeri.

“Saya berharap dosen di Indonesia harus memiliki daya saing yang tinggi, sebab dosen memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, serta berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadikan ADI sebagai organisasi yang modern dan sistematis untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya lagi.

Terkait pelantikan pengurus ADI Sumbar, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Indonesia (DPP-ADI)Nomor : 04 DPP-ADI/SK/IX/2023, tentang pembentukan DPW-ADI Provinsi Sumatera Barat periode 2023-2028.

Ketua Umum DPW-ADI Pusat Prof. Mohammaed Ali Berawi melantik Prof. Dr. Syukri Arief sebagai Ketua DPW-ADI Sumbar, Dr. Riki Saputra sebagai Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum Lucy Chairoel, beserta beberapa anggota bidang kepengurusan lainnya.

Rangkaian pelantikan tersebut juga diisi dengan seminar nasional dengan tajuk “Keberlangsungan Transformasi Digital pada Lanskap Pendidikan Indonesia” kerjasama DPW ADI Provinsi Sumatera Barat dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Ketua ADI Sumbar Prof. Dr. Syukri Arief, mengungkapkan secara Surat Keputusan, kepengurusan tersebut telah ditetapkan pada 26 September 2023 yang lalu. Namun begitu, ia berharap setelah dilantik tentunya secara pengurusan tentu akan menyusun program kerja yang mengedepankan kolaborasi.

“Alhamdulillah, hari ini setelah dilantik, DPW-ADI Sumbar akan bersinergi dan berkolaborasi dengan kampus negeri dan swasta di Sumbar,” ucapnya. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *