Pendidikan

Polisi Sosialisasikan Kamsel Lalin Untuk Pelajar MAN 2 Kota Padang

Padang, PilarbangsaNews

Kompol Rosita, Plt Kasubdit Kamsel Polda Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi keamanan dan keselamatan (Kamsel) lalu lintas (lalin) kepada ribuan pelajar MAN 2 Kota Padang.

Sosialisasi dilakukan, Senin (05/02/2024) dilapangan basket madrasah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan yang melibatkan pelajar baik saat berangkat maupun pulang dari madrasah.

“Korban kecelakaan lalu lintas banyak dialami para pelajar, baik waktu berangkat maupun pulang sekolah,” kata Rosita dihadapan ribuan peserta upacara bendera.

Kepada para siswa, Rosita menyampaikan materi aturan lalu lintas. Mulai dari wajib memakai helm, wajib mempunyai SIM untuk mengemudikan kendaraan bermotor, hingga pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas.

“Apabila berkendara, wajib bawa SIM dan Helm, bagi yang melanggar kena tilang. Kadang kala beli motor bisa, buat SIM tidak bisa, padahal buat SIM bisa dilakukan dihari libur,” ucapnya.

Tidak hanya itu, polisi wanita (Polwan) ini juga mengimbau para pelajar agar tidak menggunakan knalpot brong. Penggunaan knalpot brong disamping melanggar dan mengganggu juga akan memacu penggunanya untuk balapan liar.

“Kita akan selalu kampanye dengan melarang penggunaan knalpot brong. Karena knalpot tersebut pasti akan membuat pengguna terpacu untuk ngebut seperti pembalap,” tandasnya.

Selain itu, pihak Jasa Raharja yang ikut dalam sosialisasi juga mengajak para pelajar untuk menjadi agen keselamatan berkendara. Pihak Jasa Raharja juga menyampaikan dana pertanggungan wajib yang akan diterima pengendara atau penumpang apabila mengalami kecelakaan diri. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *