Pemilu 2024

Dandim 1002/HST Ikuti Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

Barabai, PilarbangsaNews

Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int.,M.Han bersama unsur Forkopimda HST mengikuti apel siaga pengawasan masa tenang Pemilu 2024 di Wilayah Hulu Sungai Tengah, Minggu (11/02/2024).

Apel siaga digelar di Stadion Murakata Mandingin Barabai yang diikuti oleh TNI-Polri, Satpol PP, Dishub Kabupaten HST dan seluruh anggota pengawas Pemilu Kecamatan dan Desa.

Sebelumnya Ketua Bawaslu HST Nurul Huda, S.Pdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel siaga upaya menyatukan semangat dan langkah bagi semua jajaran yang memiliki tugas berat dari negara untuk mewujudkan Pemilu yang bersih dan berkualitas.

“Sejak hari ini kita memasuki masa tenang sampai dengan 19 Februari 2024 dalam ketentuan umum Undang-undang 7 Tahun 2017 masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye Pemilu,” katanya.

Peserta Pemilu telah diberikan kesempatan untuk berkampanye sejak 28 November 2023 oleh ketentuan peraturan perundang-undangan 75 hari dianggap cukup bagi peserta Pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan beragam metode kampanye yang telah diatur. “Mari kita jaga masa tenang sampai hari pemungutan dan penghitungan suara steril dari aktivitas segala bentuk kampanye,” katanya.

Pada tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah penghitungan suara pastikan keberadaan pengawas TPS bisa menjadi bahwa suara yang dihitung di TPS murni merefresentasikan pilihan pemilih di bilik suara, penghitungan dilaksanakan secara terbuka untuk publik dan mengikuti tata cara mekanisme serta prosedur yang diatur serta tidak ada manipulasi.

“Semangat dedikasi serta komitmen menjaga integritas sebagai keluarga besar pengawas Pemilu selaku pengawal demokrasi tetap jaga soliditas semangat dan integritas di tahapan puncak pesta demokrasi Pemilu,” ucapnya.

Sementara itu Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int.,M.Han menyampaikan selamat bertugas, laksanakan tugas dengan baik, profesional, tetap jaga integritas, jangan berbuat yang macam macam, karena semua kita adalah pengawal pengawal demokrasi, mari ciptakan Pemilu 2024 di Hulu Sungai Tengah yang aman, damai dan lancar.

“Yang terpenting jaga kesehatan dan utamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan, kita tidak mau pengalaman Pemilu sebelumnya terjadi kembali yang menimbulkan kerugian personel,” kata Dandim.

“Kita semua berdoa demokrasi dapat terjaga dengan baik, Pemilu 2024 berjalan dengan sukses dan wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah aman dan kondusif,” ujarnya. (Ezl).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *