Dharmasraya

Pemkab Dharmasraya Fasilitasi Pengantaran Kelayan ke STDGB

Dharmasraya, PilarbangsaNews- Pemkab Dharmasraya melalui Dinas Sosial P3APPKB memfasilitasi pengantaran kelayan penyandang disabilitas mental, untuk dilakukan rehabilitasi sosial ke Sentra Terpadu Dharma Guna Bengkulu (STDGB).

Dinas Sosial P3APPKB memfasilitasi kelayan berinisial IA (Eks. Penyandang Disabilitas Mental) yang beralamat di Jorong Pasar Koto Baru Nagari Koto Baru Kecamatan Koto Baru, pada tanggal 27 Februari lalu.

Pemberian ini untuk mengikuti proses rehabilitasi sosial di Sentra Terpadu Dharma Guna Bengkulu.

Proses rehabilitasi sosial tersebut akan dilakukan lebih kurang 6 (enam) bulan. Dan kelayan akan diberikan sejumlah pelatihan-pelatihan dan pembinaan-pembinaan sesuai dengan kemampuan. Agar kelayan bisa meningkatkan keberfungsian sosialnya kembali.

“Semua pembiayaan selama di Sentra ini ditanggung oleh Pemerintah dalam hal ini Kemensos RI. Sedangkan biaya pemberangkatan difasilitasi oleh keluarga serta Pemda Dharmasraya,” kata Kadis.

Setelah proses rehabilitasi sosial berakhir, maka kelayan akan diterminasi dengan diberikan bantuan modal usaha sesuai dengan usulan dan kemampuan kelayan yang bersangkutan tentunya.

“Agar kelayan tidak terulang dengan gangguan yang sama, maka peran keluarga dan masyarakat sangat penting. Yakni aktif melibatkan yang bersangkutan dlm kegiatan keluarga dan di lingkungan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *