Perantau

Pembangunan Daerah, IKGPL Palembang Beri Dukungan Bupati Eka Putra

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Raut bahagia terpancar dari wajah para perantau Ikatan Keluarga Guguak Padang Laweh (IKGPL) Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, disaat Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM beserta isteri yang juga selaku Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, SE hadiri acara silaturrahmi IKGPL, Sabtu (02/03/2024) malam yang digelar di kediaman H. Harnafis, Duku Ilir Timur II Kota Palembang.

“Jelas terlihat wajah-wajah bahagia warga IKGPL menyambut kedatangan Pak Bupati beserta isteri dan rombongan yang jauh-jauh dari kampung halaman datang ke Kota Palembang memenuhi undangan kami, juga hadir Pak Camat, Pak Sekcam dan Pak Wali Nagari Padang Laweh. Ini suatu kebahagiaan bagi kami yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata, artinya ada kedekatan emosional antara kami dengan pak Bupati Eka Putra,” ucap Ketua IKGPL Palembang Hendrizal atau akrab disapa pak Onde

Dikatakan Pak Onde, selama tiga tahun Bupati Eka Putra menjabat sudah banyak pembangunan di Tanah Datar. Selain itu, banyak juga prestasi yang sudah diraih, salah satunya Best Leader of The Year 2023 yang sangat membanggakan seluruh warga Tanah Datar di perantauan.

“Kami warga Tanah Datar khususnya IKGPL sangat bangga dengan capaian yang telah diraih hingga dimasa tiga tahun kepemimpinan Pak Eka Putra, selain itu banyak pula Program Unggulan (Progul) yang dicetuskan. Untuk itu, mari terus kita dukung, kita do’akan Pak Bupati selalu sehat, kita dukung bersama-sama dari rantau pembangunan di ranah Luhak Nan Tuo untuk lebih baik lagi kedepan,“ tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Febri Dt. Barbanso Wali Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab, yang menyampaikan rasa syukur atas pembangunan di Nagari Padang Laweh seperti pengaspalan jalan dari Munggu sampai Simpang Pesantren yang ada di Jorong Padang Laweh Ateh dan pada tahun 2024 ini juga akan dibangun jembatan Batang Pauah di Jorong Padang Laweh Ateh juga.

“Sebelumnya berbagai kegiatan telah dilakukan pasca empat bulan setelah kami dilantik menjadi Wali Nagari Padang Laweh seperti pengukuhan kepengurusan PORBI, Pengurus PSPL, PORWI, MUI Nagari (akan dikukuhkan),”ucapnya.

Ditahun 2024 ini Febri sebut kegiatan yang akan dilaksanakan seperti Pembangunan Jalan Usaha Tani Bulakan sampai Pincuran Piliang, Pembangunan Jalan Usaha Tani Ladang Hilia sampai Balai Porang, Jalan Usaha Tani dari Darek sampai Caniago dan Pembangunan Irigasi Sawah Gawuang.

Febri juga sebutkan ditahun 2024 ini Nagari Padang Laweh akan menggelar progul Satu Nagari Satu Ivent bulan Juni mendatang yaitu 1000 Alu Katentong yang juga akan dirangkai dengan Pacu Jawi, Open Turnamen Bola Kaki, Khitanan Massal, penampilan kesenian, tradisi dan bazar kuliner spesifik.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM sampaikan kedatangannya ke rantau untuk menyampaikan informasi dari ranah dan menanyakan kabar dunsanak yang dirantau.

Bupati juga sebut kondisi gunung Api Marapi yang saat ini masih terus erupsi, dari itu Bupati minta untuk tetap waspada terlebih Nagari Padang Laweh yang termasuk zona kawasan lereng gunung Api Marapi.

Dikatakan Bupati Eka Putra, keberlanjutan pembangunan daerah diberbagai wilayah di Tanah Datar terus dilakukan baik fisik seperti infrastruktur maupun non fisik seperti pembangunan SDM yaitunya menciptakan generasi penerus yang cerdas dan hafizh Al-Quran.

“Selain itu kita juga prioritaskan Kesehatan masyarakat, pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan lainnya, berbagai progul dan inovasi dilahirkan guna mendukung itu semua, salah satunya progul Satu Nagari Satu Ivent dimana ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat, disamping mengangkat kembali tradisi ataupun kuliner tempo dulu,” ujar Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga mendukung dan menyambut baik rencana pembentukan IKGPL Nusantara, karena ini juga akan dapat mempersatukan perantau IKGPL dari berbagai wilayah di Nusantara ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga sampaikan bahwa Pemerintah Daerah juga baru saja menerima penghargaan BAZNAS Award dari BAZNAS RI atas pengelolaan BAZNAS terbaik di Indonesia.

Turut mendampingi Bupati Eka Putra pada saat silaturrahmi IKGPL tersebut Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, Kabag Umum Ronal Satria, Kabag Prokopim Dedi Triwidono, Camat Sungai Tarab A.H.Miza Aziz, Sekcam Doni dan Tora Bank Nagari.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *